Willie Murphy, Nenek 81 Tahun Yang Rekorkan Angkat Besi 104 Kilogram

Willie Murphy

Sejak sebelum kejuaraan digelar, Willie Murphy dipastikan akan menyapu semua gelar juara dalam setiap nomor yang diikutinya. Willie Murphy adalah atlet yang berlaga di ajang the 2018 World Natural Powerlifting Federation Upstate New York Championships.

Bukan takabur. Sebab, memang perempuan 81 tahun ini adalah satu-satunya peserta yang ambil bagian untuk kelompok umurnya di kejuaraan itu. Kendati demkian, Murphy tetap memasang target. Untuk angkatan deadlift disasar beban seberat 230 pounds atau setara dengan 104,3 kilogram.

Beban tersebut lebih dari dua kali berat tubuhnya, dan akan menjadi rekor personalnya. Meski menjadi satu-satunya kontestan di “kelas”-nya, perempuan ini juga menunggu giliran dengan peserta kelas lain di ruang bawah tanah di Main Street Armory.

Tak lupa, mereka juga terlihat saling membandingkan bisep, dan melakukan pemanasan. Ada pula hal menarik lain. Saat sejumlah peserta lomba terlihat mengenakan kaus bertuliskan “Pain Clinic” atau “House of Pain”, tak demikian dengan Murphy. Sang nenek memilih memakai kaus jingga dengan tulisan “80 Plus Fit” hasil tulisan bocah 12 tahun tetangga di rumahnya.

Luar biasa

Sungguh, kemampuan untuk tetap melakukan angkat besi di usianya yang sudah senja bukan merupakan pencapaian rata-rata. Pencapaiannya pun tak main-main. Rekor personal deadlift Murphy adalah 225 pounds atau setara 102 kilogram, yang dicapaikan dalam sebuah kejuaraan pada 24 Maret lalu.

Capaian itu pun langsung menyedot perhatian publik internasional. Di tahun 2014, Murphy menggondol the World Natural Powerlifting Federation Lifter of the Year award.

Atas prestasinya ini, dia pun menjadi sosok yang diundang ESPN dan Rachel Ray Show. Perempuan ini mengaku mendengar kabar, salah satu video saat dia melakukan angkat berat mendapatkan atensi dari lebih satu juta penonton di Youtube.

Namun, Murphy pun tak pernah membuktikan kabar itu. Sebab Murphy mengaku tak membutuhkan internet.

“Saya sudah hidup sekian lama, dan tak menggunakan itu (internet). Jadi jelas, saya tak membutuhkannya,” tegas dia, seperti diberitakan lamanUSA Today.

Tanpa dopping

Perempuan ini pun mengaku tak membutuhkan amonia, sabuk, ataupun suplemen stimulan lain. Menghirup amonia dalam pertandingan angkat besi merupakan hal yang umum. Hal ini bukan termasuk dopping.

Amonia dikenal dapat meningkatkan tingkat konsentrasi sehingga diharapkan atlet dapat memusatkan perhatian dan memaksimalkan semua tenaganya untuk mengangkat beban. Namun, hal itu tak dilakukan Murphy. Dia hanya mengonsumsi obat pengatur tekanan darah, yang diperbolehkan pula oleh WNPF.

Sebelum deadlift dijadikan bagian dalam kompetisi, Murphy telah memegang dua rekor untuk kategori bench pressing dengan beban 115 pounds atau 52 kilogram, dengan 24 repetisi. Selain itu, Murphy juga memegang sejumlah rekor untuk kelas 70 tahun. Lalu, ketika Murphy menginjak usia 80 tahun, WNPF menciptakan kategori baru, khusus untuk dia.

Inspirasi

Capaian Murphy ini tentu menjadi inspirasi bagi banyak orang, bahwa usia hanyalah sebatas angka. Dalam berbagai kesempatan, Murphy kerap menuturkan kalimat-kalimat inspirasional untuk membangkitkan semangat, terutama kaum muda.

“Mereka kaum muda mau berfoto besama saya, buat saya itu adalah pertanda yang bagus sekali,” sebut dia.

Akhirnya, pada kejuaran terakhir ini, dia berhasil membukukan rekor baru deadlift 230 pounds seperti yang disasarnya. Penonton pun bersorak ketika Murphy mampu melakukan angkatan setara 104 kilogram itu.

“Dia telah menjadi inspirasi bagi banyak orang,” ungkap Vice President WNPF Ron DeAmicis.

“Saya berharap, dia bisa melanjutkan langkahnya, bahkan hingga usia 90-an,” ujar DeAmicis lagi.

Leave a Reply