Waspada, Kenali 6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Kelelahan Akut

Kelelahan Akut

Ketika sedang dilanda stres akibat kelelahan, tentu kamu pernah merasa sangat enggan untuk berkomunikasi.

Bahkan, tidak jarang rasa enggan tersebut berkembang menjadi sikap-sikap negatif, seperti mudah tersinggung dan konfrontatif, sehingga mengancam keharmonisan relasi dengan lingkungan sekitar.

Seperti dikutip dari Huffington Post pada Senin (16/4/2018), hal-hal di atas merupakan bentuk kelelahan akut yang berisiko sebabkan gangguan jiwa, jika tidak segera ditangani.

Ada berbagai tanda awal yang biasa ditunjukkan oleh mereka yang sedang mengalami proses menuju kelelahan akut ini.

Cari tahu sekarang agar kamu dapat mengambil istirahat dan merenungkan prioritas dalam hidup agar tidak kelelahan akut.

1. Dihinggapi Perasaan Negatif

Saat rasa lelah menghampiri, adakalanya kamu bisa merasa putus asa dan pesimis dalam menjalani hidup.

Selain itu, rasa lelah akut juga bisa menimbulkan perasaan negatif lainnya, seperti frustasi, sinisme, kelalaian, dan kekecewaan.

Tidak ada yang salah dengan merasakan hal-hal buruk, namun jika dianggap berlebihan, di mana seolah-olah kamu tidak ada gunanya, bisa jadi kamu terlalu banyak beraktifitas yang membuat tubuh dan pikiran merasa sangat lelah.

2. Terus Menerus Merasa Lelah

Kelelahan bisa bersifat fisik, mental, atau emosional. Jika kamu merasa lelah sepanjang waktu dari mulai bangun sampai kembali tidur, artinya ada sesuatu yang tidak beres.

Kelelahan mental dan emosional sama buruknya dengan kelelahan fisik, jadi jangan hanya mengabaikannya dan berharap dapat hilang dengan sendirinya.

Kamu mungkin dapat tidur 8 jam, tapi jika pikiran kamu menolak untuk beristirahat, maka kamu akan terbangun dengan perasaan seolah-olah belum tidur sedetik pun.

3. Tidak Bergairah dalam Bekerja

Apakah kamu belakangan merasa muak dan tidak ingin bangun pagi untuk berangkat kerja?

Atau kamu justru tengah merasa kesal dengan semua pekerjaan yang kamu lakukan, meskipun untuk hal paling mudah sekalipun? Jika iya, bisa jadi memang sedang dilanda rasa lelah yang teramat sangat.

4. Mudah Terserang Penyakit

Tingkat stres yang tidak terkendali dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan membuatnya rentan terhadap serang penyakit. Beberapa penyakit yang kerap datang tanpa sebab di saat tubuh merasa lelah adalah insomnia, rasa nyeri, dan flu.

5. Kerap Menunda Pekerjaan

Apakah kamu merasaka menunda-nunda pekerjaan lebih dari biasanya di tempat kerja?

Atau bahkan kamu kerap menyepelekan tugas yang sangat sederhana, di mana seharusnya bisa dilakukan (katakanlah) dengan kedua mata tertutup?

Semua orang menunda satu atau lain waktu, tapi jika kamu tampaknya selalu menyeret kaki saat berhadapan dengan setiap tugas kecil yang harus dikerjakan, bisa jadi Anda sedang mengalami proses menuju kelelahan akut.

6. Merasa Stagnan

Apakah kesibukan yang kamu jalani di pekerjaan membuat kamu merasa terjebak rutinitas? Apakah kamu juga merasa kesibukan tersebut tidak berdampak positif pada laju karier ke depannya? Jika iya, maka Anda butuh waktu istirahat yang cukup guna memulihkan stamina dan pikiran.

Leave a Reply