Waspada, Bau Pada Tubuh Ini Bisa Menandakan Masalah Kesehatan

Bau Pada Tubuh

Sebagai individu yang selalu bergerak aktif, pasti membuat tubuh memproduksi keringat yang mungkin burujung pada bau badan. Mungkin Anda pernah mengalami hal tersebut. Contohnya, ketika Anda seharian beraktivitas di bawah matahari membuat tubuh mengeluarkan bau kurang sedap. Memang gejala seperti itu tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika bau pada tubuh yang dialami terlalu kuat dan mencolok bisa menunjukkan gejala masalah kesehatan tertentu.

1. Bau mulut

Kalau Anda merasakan napas di pagi hari sangat bau, itu hal yang wajar kok! Setelah melakukan gosok gigi, bau mulut akan menghilang sendirinya. Namun, bila bau tidak kunjung hilang setelah Anda menggosok gigi atau berkumur, bisa jadi itu pertanda Anda mengalami kerusakan gigi atau penyakit gusi. Selain kerusakan gigi, bau mulut yang terjadi juga bisa menjadi pertanda akan penyakit saluran pernapasan seperti sinusitis, infeksi tenggorokan, atau infeksi paru-paru.

2. Bau mulut yang tercium manis

Bau mulut yang tercium manis bisa berpotensi sebagai gejala dari diabetes. Bila kondisi ini terjadi terus menerus, sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Aroma manis yang dihasilkan dari gejala diabetes biasanya menyerupai dengan aroma buah atau serupa dengan aseton. Aroma tersebut adalah tanda bahwa kadar gula darah pada tubuh mengalami peningkatan.

3. Bau kaki

Bau kaki memang normal terjadi, apalagi ketika Anda tidak mengenakan kaus kaki saat mengenakan sepatu. Namun, bila Anda sudah membilas kaki tetapi bau tidak juga kunjung hilang, itu bisa jadi pertanda adanya jamur. Baik itu jamur yang terdapat di sepatu atau di kaki Anda.

4. Bau kentut yang super bau

Setiap orang pasti pernah kentut dan beraroma tidak harum. Bila Anda kentut terus menerus dan berbau tidak dari biasa, bisa jadi pertanda Anda mengalami intoleransi pada makanan tertentu atau mengalami gejala infeksi usus.

Leave a Reply