Waspada, 7 Tanda Di Tubuh Ini Peringatkan Jantung Bermasalah

Jantung

Gejala penyakit jantung paling sering adalah serangan jantung itu sendiri, untungnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Tubuh kita memberi petunjuk kecil yang dapat menyelematkan kita dari masalah besar.

Lipatan kecil di telinga, bintik-bintik putih yang hampir tidak terlihat, atau menguap berlebihan, menjadi beberapa gejala yang tampak biasa dan tidak berbahaya. Namun, beberapa tanda seperti itu dapat memberi petunjuk untuk menyembuhkan penyakit jantung sebelum terlambat.

1. Xanthomas

Bintik kecil lemak di kelopak mata, pantat, siku, atau lutut disebut xanthomas dan sebenarnya tidak berbahaya. Namun, timbunan lemak ini menunjukkan kelebihan kolesterol yang begitu besar sehingga pembuluh menyimpannya di bawah kulit. Ini dapat menjadi atherosclerosis, yang dapat menyebabkan masalah jantung.

2.Menguap selama olahraga intens

Ketika tubuh berkeringat akan menjadi dingin karena uap air menguap dari permukaan kulit.
Tetapi tubuh manusia juga memiliki cara lain untuk mendinginkan dirinya sendiri, seperti menguap. Ini membantu menjenuhkan tubuh dengan oksigen dan mengurangi suhu di dalam kepala.

Jika mekanisme termoregulasi alami gagal untuk mengatasi selama berolahraga, kita mulai menguap. Ada beberapa alasan untuk kegagalan termoregulasi itu dan potensi penyakit jantung adalah salah satunya.

3. Bau mulut

Peradangan gusi, atau periodontitis, dapat menyebabkan bau mulut.
Faktanya, bakteri dari gusi yang meradang bisa masuk ke sistem kardiovaskular dan memulai peradangan di tempat baru. Risiko penyakit jantung pada individu dengan periodontitis lebih tinggi sebesar 20%. Guna antisipasi, kunjungilah dokter gigi saat Anda merasakan sakit.

4. Jari manis

Jika jari manis secara signifikan lebih pendek dari jari telunjuk, risiko penyakit jantung lebih tinggi. Korelasi aneh ini ditemukan oleh  para peneliti Inggris.
Panjang jari ditentukan oleh jumlah testosteron selama perkembangan embrio, dan sistem hormonal mempengaruhi kardiovaskular.

5. Bibir biru

Bibir orang yang sehat bisa menjadi biru karena hipotermia atau ketika berada di ketinggian tinggi.

Ini terjadi karena kita memiliki kadar oksigen darah yang rendah dan sirkulasi yang buruk di bawah kondisi ekstrim ini.

Tetapi jika bibir Anda membiru tanpa alasan yang jelas, itu berarti Anda memiliki sirkulasi darah yang buruk. Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan kunjungan ke ahli jantung untuk memeriksa jantung dan pembuluh darah.

6. Perubahan kuku

Jika kuku Anda menjadi lebih tebal dan bulat, ada baiknya mulai perhatikan.
Perubahan ini terkait dengan masalah vaskular dan alasan paling mungkin adalah ujung jari Anda tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup.

7. Lipatan lobus telinga

Lebih dari 40 penelitian mengkonfirmasi lipatan lobus diagonal, juga dikenal sebagai tanda Frank, yan menunjukkan peningkatan risiko aterosklerosis.
Aterosklerosis adalah penyakit di mana plak terbentuk di dalam arteri, menghambat aliran darah.

Penelitian baru juga mengungkapkan hubungan dari kerutan-kerutan ini dengan penyakit pembuluh darah otak.
Jadi Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh jika gejala ini ditemukan.

Leave a Reply