Viralnya Bachtiar Nasir Minum Air Kencing Unta, Ini Tanggapan Kemenkes

Bachtiar Nasir minum air kencing unta saat berkunjung ke Arab Saudi beberapa waktu lalu. Video Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) saat minum air kencing hewan gurun itu sempat viral di media sosial.

Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa pihak yang menganggap air kencing unta dapat menyembuhkan penyakit hanya merujuk pada kepercayaan atau keyakinan pribadi.

“Ini adalah masalah kepercayaan individu,” tutur Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Oscar Primadi kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Minggu malam (7/1).

Oscar belum bisa mengamini penuturan Bachtiar yang mengatakan bahwa air kencing unta berkhasiat membunuh sel-sel kanker dalam tubuh.

“Yang pasti belum pernah ada penelitian tentang khasiat urine unta untuk menyembuhkan berbagai penyakit,” ujar Oscar melanjutkan.

Apa yang disampaikan Oscar tersebut bertentangan dengan pernyataan Bachtiar yang menyebut telah ada penelitian mengenai khasiat air kencing unta yang dapat membunuh sel kanker.

Penelitian itu dilakukan oleh dilakukan Dr. Faten Abdel-Rahman Khorshid. Dia adalah staf Universitas King Abdul Aziz yang juga staf Presiden Tissues Culture Unit Pusat Penelitian Medis King Fahd.

Pada laman baitulmaqdis.com disebutkan, riset dilakukan Faten dengan menggunakan air kencing unta, sel kanker yang diambil dari paru-paru pasien serta tikus yang disuntikkan sel kanker leukimia dan air kencing unta. Hasilnya, Faten menemukan partikel nano dalam air kencing unta dapat melawan sel kanker dengan baik.

“Membuktikan itu. Jadi bukan cuma menyembuhkan dari sel-sel kanker tapi juga menyehatkan sel yang tidak terserang,” kata Bachtiar kepada CNNIndonesia.com pada Jumat lalu (5/1).

“Mengandung zat obat di situ. Kalau dibilang halal, ya halal dalam pengertian untuk pengobatan,” ujarnya.

Bachtiar Nasir minum air kencing unta dengan merujuk Hadis Riwayat Ahmad nomor 2545. Dalam hadis itu disebutkan, “Sesungguhnya dalam air kencing unta dan susunya mengandung obat bagi penyakit di dalam perut mereka.”

Bachtiar juga mengutip Hadis Riwayat Ibnu Majah nomor 2568 serta Hadis Riwayat Bukhari nomor 2795 untuk menjelaskan air kencing unta halal untuk dikonsumsi dan baik bagi kesehatan.

“Hadis-hadis seputar khasiat ini sudah jelas. Dalam riwayat-riwayat yang sahih dan tidak lagi diperdebatkan,” ujar Bachtiar.

Bachtiar Nasir minum air kencing unta saat berkunjung ke Arab Saudi beberapa waktu lalu. Di sana dia sempat bersilaturahmi dengan pentolan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab.

Leave a Reply