Universitas di China Ini Adakan Lomba Melempar Granat

Granat

Wajarnya, sebuah kompetisi tahunan di sebuah universitas akan diisi dengan pertandingan sepak bola, musik, atau memasak. Tetapi, pemandangan berbeda terlihat di sebuah universitas yang ada di China.

Seperti dilansir BBC, Kamis (26/4/2018), North University of China yang berada di kota Taiyuan, Provinsi Shanxi akan menggelar kompetisi lempar granat sebesar 500 gram pada bulan Mei mendatang.

Seorang pengajar di universitas tersebut, Li Jiangxi, mengatakan bahwa pihak sekolah telah berusaha semaksimal mungkin untuk menarik minat para siswa pada kompetisi tahunan. Sebelumnya, kompetisi yang diadakan adalah kontes lempar lembing.

Tetapi, karena kurangnya minat, akhirnnya pihak sekolah menggantinya menjadi kontes lempar granat. Setelah kabar tersebut diumumkan, ramai mahasiswa di North University of China yang ikut bagian.

“Para siswa langsung bergegas mendaftar,” ujar Li Jiangxi.

“Bahkan ada sejumlah siswa yang terlambat mendaftar. Saat ditolak, wajah mereka begitu kecewa,” jelasnya.

Ide gila ini datang dari seorang siswa bernama Wu Jianhang. Dia menuliskan sebuah surat untuk rektor dan menyarankan soal kegiatan baru.

Sementara itu, jenis granat yang akan digunakan pada pertandingan Mei mendatang adalah granat tipe 23, peledak yang digunakan para tentara Jerman pada Perang Dunia II.

Pihak universitas berharap agar kompetisi ini berjalan dengan lancar dan bisa terus berlanjut. Bahkan mereka berharap aktivitas ini bisa dipopulerkan.

Kompetisi tahunan ini sendiri merupakan agenda yang selalu dilakukan untuk merayakan hari jadi universitas tersebut.

North University of China sudah berdiri sejak 1941. Pertama kali didirikan kampus ini bernama Taihang Industrial School yang merupakan pusat pembuatan senjata dan pelatihan personel People’s Liberation Army untuk mengembangkan persenjataan.

Leave a Reply