Trot, Genre Musik ‘Dangdut’ Yang Berasal Dari Korea Selatan

HONG JIN YOUNG

Setiap negara memiliki genre musik khas dan tradisional yang mereka banggakan. Seperti Indonesia yang punya genre musik dangdut, di Korea Selatan, masyarakatnya mengenal jenis musik ‘trot’, yang menjadi musik kesayangan dan dicintai seluruh warga Korea Selatan.

Musik sendiri trot memiliki kemiripan dengan genre musik dangdut. Tak lain karena memiliki tempo 2/4 dan 3/4 yang diambil dari musik fox trot dan sering digunakan sebagai musik pengiring dansa.

Genre musik ini berkembang pada masa penjajahan Jepang atas Korea. Kabarnya, tror dikenal memiliki kemiripan dengan musik enka atau kayokyoku dari Jepang. Musik ini juga dikenal dengan nama yuhaengga, namun kini lebih populer dengan sebutan trot atau ppongjjak.

Lirik lagu trot biasanya bercerita tentang kesedihan atau penderitaan. Namun di antara tema-tema lain, yang populer adalah cinta antara sepasang kekasih, cinta terhadap keluarga, serta pemandangan alam.

Trot sendiri memiliki metode menyanyi, gerak tubuh, dan intonasi yang berbeda dengan musik K-Pop pada umumnya. Selain itu, genre lagu ini memiliki cengkok khas sehingga tak semua orang bisa menguasai cara bernyanyi lagu trot. Persis lagu dangdut yang penyanyinya harus memiliki cengkok khusus yang menjadikan musik jenis ini begitu khas saat didengarkan.

Salah satu penyanyi trot Korea yang terkenal adalah Hong Jin Young. Di tengah gempuran popularitas musik K-pop, wanita berusia 33 tahun ini tetap eksis merilis lagu trot bahkan sejak tahun 2009.

Ia juga tercatat telah maraih enam penghargaan dalam kategori ‘Best Trot’ dari berbagai macam penghargaan musik terbesar di Korea Selatan.

Bukan hanya itu, lagu-lagunya sangat populer dikalangan para idola K-Pop sehingga sering dinyanyikan kembali. Tak mengherankan jika ia merupakan salah satu penyanyi yang sering diminta tampil dalam acara festival tahunan yang diadakan oleh kampus-kampus populer di Korea Selatan.

Selain Hong Jin Young, masih banyak juga penyanyi trot senior yang hingga saat ini masih eksis tampil di TV. Sebut saja Jang Yoon Jeong, Lee Ae Ran, dan masih banyak lagi. Tak hanya orang tua, lagu ini juga banyak diminati oleh para idola K-Pop muda, seperti Daesung BIG BANG, Taeyeon SNSD, IU, Joy Red Velvet dan Super Junior.

Daesung BIG BANG dikenal sebagai salah satu idola K-Pop yang berkarier sebagai solois yang membawakan lagu-lagu trot. Hampir semua lagu solo yang dirilisnya mengusung genre musik trot.

“Aku sangat nyaman saat membawakan genre lagu ini. Sejak aku masih kecil, kedua orang tuaku sering memutar musik trot sehingga aku sudah terbiasa dengannya,” ungkap Daesung seperti melansir Allkpop.

SM Entertainment, selaku agensi yang menaungi Super Junior juga pernah membentuk sub unit Super Junior T, yang menjadi grup idola K-Pop pertama yang mengusung genre musik trot.

Dengan beranggotakan Heechul, Eunhyuk, Leeteuk, Sungmin, Shindong, dan Kangin, grup ini melangsungkan debut resminya pada 23 Februari 2007 dengan merilis single ‘Rokuko’. Dan berkat lagu ‘Knock, Knock, Knock’, Super Junior T berhasil meraih penghargaan Best Trot pada tahun 2010. Penyanyi SM lainnya, Joy Red Velvet juga dikenal pandai menyanyikan lagu trot dan punya cengkok dalam warna vokalnya.

Ia pernah memperlihatkan kemampuan bernyanyi trot saat Red Velvet tampil dalam variety show ‘Weekly Idol’.

Kini perlahan tapi pasti sudah banyak anak muda di Korea Selatan yang tertarik menjadi penyanyi trot. Seol Ha Yoon misalnya. Wanita berusia 26 tahun ini memilih untuk berkarier sebagai penyanyi trot ketimbang idola K-Pop.

Sebelumnya, ia sempat menjalani masa sebagai idola K-Pop selama 12 tahun. Namun, ia memutuskan untuk melangsungkan debutnya sebagai penyanyi trot pada tahun 2016 lalu dengan merilis lagu ‘I’m Going to Report You’.

“Aku tidak menyesal menyerah menjadi bintang idola dan (memilih) menjadi penyanyi trot. Musik trot menyenangkan dan siapa saja bisa menikmatinya, bahkan oleh kedua orang tuaku. Jika aku memiliki kesempatan untuk menjadi idola K-Pop lagi, aku tidak akan melakukannya,” ujarnya seperti melansir Korea Joongang Daily.

Belum lama ini, Seol Ha Yoon berhasil meraih penghargaan ‘Trot Rookie Award’ dalam acara Soribada Best K-Music Awards 2018. Hal ini tentu saja menjadi hal yang paling penting dalam kariernya.

Bahkan saat ini berbagai ajang penghargaan musik Korea Selatan mulai menyisipkan penampilan penyanyi trot dalam acaranya. Hal ini seolah menjadi salah satu upaya untuk kembali memperkenalkan genre musik trot kepada masyarakat luas.

Leave a Reply