Tipu Investor Rp 12 M, Selebgram Angela Lee Dan Suaminya Ditahan

Angela Lee

Seorang selebgram Angela Lee atau Angela Charlie, 31, diamankan oleh jajaran Polres Sleman Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) bersama dengan suaminya, David Hardian Santoso, 36. Keduanya dianggap telah melakukan tindak pidana penipuan, penggelapan, dan pencucian uang atas laporan dari investornya.

Kasat Reskrim Polres Sleman, AKP Rony Are Setia mengatakan, penangkapan yang dilakukan itu atas laporan dari investor bernama Santoso Tandyo, warga asal Jogjakarta. Korban yang menyuntikkan dana hingga Rp 12 miliar pada Februari 2017 itu merasa tertipu.

“Pelaku kami panggil awal Februari lalu, setelah menjalani pemeriksaan langsung dilakukan penahanan,” katanya saat jumpa pers di Mapolres Sleman pada Rabu (28/2).

Pihak pelapor menyuntikkan dana segar kepada bisnisnya Angela berupa tas impor bermerek, seperti Hermes, Chanel, hingga Chopard. Pada 2 bulan pertama, bisnis yang dilaporkannya cukup berjalan mulus. Setiap kali mendapat keuntungan, dibagi 4 persen untuk investor sedangkan pelaku sebesar 6 persen. “Perjanjiannya ada bagi untung, tapi pelaku tidak jujur,” ucapnya.

Namun setelah itu, terhitung Mei 2017 mulai tersendat. Akan tetapi, tersangka ini tidak jujur terhadap korban mengenai kondisi bisnis yang dijalani.

Malah dana yang disuntikkan secara bertahap itu diketahui digunakan untuk keperluannya pribadi. Seperti membayar hutang, membeli rumah dan mobil mewah jenis Rubicon Wrangler.

Akibat tindakannya ini, Angela bersama sang suami dijerat dengan pasal 3 dan pasal 4 Tindak Pidana Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun dan denda Rp10 miliar.

Dari keduanya, pihak kepolisian mengamankan 43 buah tas, mobil, sebuah telepon genggam, beberapa kartu Anjuan Tunai Mandiri (ATM), dan sejumlah dokumen barang bukti. Barang bukti tersebut saat ini disimpan di Kantor Kemenkum HAM DIJ.

Leave a Reply