Tips Makan All You Can Eat Di Hanamasa Sampai Puas!

Hanamasa adalah restoran berkonsep all you can eat yang memungkinkan kita untuk makan sepuasnya. Restoran yang membuka cabang di beberapa kota besar di Indonesia ini menyajikan menu yakiniku dan syabu-syabu. Jadi, hanya dengan membayar Rp 178.500 per orang kita sudah bisa menikmati kedua menu yakiniku dan syabu-syabu sepuasnya.

Restoran dengan konsep buffet makan sepuasnya memang masih sangat jarang. Selain restoran yang biasanya ada di hotel-hotel bintang lima, Hanamasa merupakan pelopor restoran all you can eat (AYCE) yang paling terkenal di Indonesia.

Cara Makan di Hanamasa Untuk Pemula

Hanamasa

1. Datang ke resepsionis atau waitress

Sesampainya di Hanamasa akan ada resepsionis atau waitress yang berada di pintu masuk. Biasanya mereka akan menanyakan jumlah tamu untuk dicarikan meja yang sesuai dengan jumlah rombongan kamu. Untuk akhir pekan atau hari libur nasional, sangat disarankan untuk melakukan reservasi via telepon terlebih dahulu. Pasalnya, pada weekend atau hari libur restoran AYCE seperti Hanamasa pasti diserbu oleh pengunjung. Dari pada tidak mendapat meja atau antri lama, maka sebaiknya reservasi dulu melalui telepon.

2. Duduk di Meja yang Ditunjukkan

Setelah resepsionis mendata jumlah rombongan kamu, waitress akan mengantar ke meja yang sesuai dengan jumlah tamu dalam rombongan kamu. Di meja sudah tersedia alat pemanggang dan panci untuk merebus. Selain itu, mangkok, sumpit, dan sendok sudah tertata rapi. Tak lupa di meja juga tersedia kecap wijen untuk memanggang daging dan kecap makan. Waitress akan mengoleskan lemak sapi di atas alat pemanggang agar makanan yang dipanggang di atasnya lebih gurih dan tidak lengket. Setelah itu, saatnya kamu mengambil makanan yang sudah dipajang.

3. Ambil Makanan Secukupnya

Cara makan di Hanamasa ini kita tidak perlu order makanan di waitress karena kita bisa mengambil bahan-bahan yang tersedia untuk yakiniku dan syabu-syabu sepuasnya. Saran Kami sebaiknya ambil makanan secukupnya saja karena kalau tidak habis kamu akan dikenai tambahan biaya (charge). Kalau nanti kamu ingin menambah makanan lagi, silakan ambil lagi makanan yang dipajang. Di sini kita bisa bolak-balik mengambil makanan sampai benar-benar kenyang. Berbeda dengan salad bar yang ada di Pizza Hut yang menawarkan konsep “ambil sepuasnya” tapi hanya untuk sekali ambil saja alias tidak boleh nambah lagi.

4. Tidak Perlu Pesan Minuman

Di Hanamasa bukan hanya makan saja yang sepuasnya, tapi minum pun juga sepuasnya. Ada berbagai jenis minuman, mulai dari kopi, teh, soft drink, jus buah, dan air mineral yang bisa diambil sepuasnya dan bebas nambah (refill). Kalau kamu memesan minuman dari buku menu justru kamu akan dikenakan biaya tambahan. Jadi, sebaiknya minum saja minuman yang memang sudah termasuk dalam paket buffet yang kamu bayar.

5. Masak Makanan Sendiri

Jangan berharap ada pelayan yang akan memasak daging atau bahan-bahan mentah yang sudah kamu ambil. Hanamasa adalah restoran AYCE dengan konsep self cooking. Kamu bebas memasak bahan-bahan makanan yang diambil di meja. Selain menyediakan bahan-bahan untuk yakiniku dan syabu-syabu, Hanamasa juga menyediakan beberapa side dish seperti sup, tempura, dan robatayaki yang sudah dimasak oleh chef. Namun, untuk menu yakiniku dan syabu-syabu memang harus dimasak sendiri. Apabila ingin menambah kuah syabu-syabu atau mengganti papan pemanggang yang sudah lengket, silakan panggil waitress karena mereka akan menambahkan kuah atau mengganti panggangan secara gratis.

Tips Makan Dengan Puas

Hanamasa

1. Jangan Sampai Puasa Makan

Sebelum datang ke Hanamasa atau restoran AYCE lainnya, banyak orang yang memilih berpuasa agar bisa makan sepuasnya ketika tiba di sana. Sayangnya, cara yang satu ini salah. Perut yang kosong terlalu lama bisa mengalami kram atau mulas ketika harus mengolah makanan dalam jumlah banyak secara tiba-tiba. Jadi, ketika kamu ingin makan di Hanamasa pada malam hari, maka pagi dan siangnya kamu harus tetap makan meskipun porsinya sedikit dikurangi. Jangan sampai puasa makan ya!

2. Ambil Daging atau Makanan yang Paling Enak

Tak dapat dipungkiri bahwa menu utama yang paling banyak diburu oleh pengunjung Hanamasa adalah daging sapi. Pasalnya, daging sapi ini akan terasa nikmat jika dibakar dengan kecap wijen. Bahkan, daging sapi juga lezat bila disantap ala syabu-syabu. Agar kamu benar-benar puas makan daging di Hanamasa, sebaiknya ambil daging sapi terlebih dahulu baru bahan-bahan makanan lainnya.

3. Minum Air Putih

Ada banyak pilihan minuman yang tersedia dalam paket buffet Hanamasa, tetapi minuman manis bisa membuat kamu lebih cepat kenyang. Jika kamu ingin benar-benar makan sampai puas, sebaiknya minum saja air putih.

4. Bagi Tugas dengan Teman

Beberapa restoran AYCE seperti Hanamasa memberikan batas waktu untuk tamunya menikmati hidangan buffet. Nah, agar kamu puas mencoba semua makanan yang tersedia, bagi tugas dengan teman kamu. Misalnya, 2 orang bergantian memanggang daging dan bahan makanan lainnya, sementara kamu bertugas untuk hunting makanan yang sudah dipajang. Lakukan tugas secara bergantian agar lebih adil.

5. Jangan Merebus dan Membakar Daging Terlalu Lama

Perlu kamu ketahui bahwa daging di Hanamasa diiris tipis-tipis agar lebih cepat matang. 1 potong daging hanya memerlukan waktu 1 menit untuk matang. Penuhi alat pemanggang dengan bahan-bahan makanan yang ingin dibakar, lalu bolak-balik selama 1 menit dan angkat untuk dimakan. Hal tersebut juga berlaku untuk memasak syabu-syabu, jika kuahnya sudah mendidih sebaiknya matikan kompor dan segera nikmati syabu-syabu.

6. Selingi Yakiniku dengan Syabu-Syabu

Kebanyakan pengunjung Hanamasa lebih berkonsentrasi memanggang (yakiniku) ketimbang merebus (syabu-syabu). Padahal, pihak restoran memberikan dua menu ini agar pengunjung tidak bosan. Sebaiknya selingi yakiniku dengan syabu-syabu agar kamu tidak eneg dan cepat bosan.

7. Jangan Istirahat Terlalu Lama

Saat menyantap hidangan buffet, banyak orang berpikir istirahat sejenak sambil ngobrol bisa menurunkan makanan agar perut tidak terasa penuh. Anggapan ini sebenarnya salah karena ketika berhenti makan terlalu lama, perut akan merasa kenyang. Sebaiknya makanlah terus secara perlahan agar kamu tidak cepat merasa kenyang. Itulah beberapa tips dan cara makan di Hanamasa bagi pemula. Tips di atas akan membantu kamu menikmati hidangan buffet di Hanamasa sampai puas dan kamu pun tidak akan merasa rugi.

Leave a Reply