Tidak Mau Menganggur Setelah Kuliah? Terapkan 5 Cara Ini

Kuliah

Lapangan kerja yang semakin menyempit dan jumlah tenaga kerja yang makin membludak membuat banyak sarjana menganggur tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Puncaknya persaingan ketat antar pencari kerja, membuat banyak lulusan perguruan tinggi tak mampu menghadapinya sehingga pengangguran semakin banyak.

Sebenarnya masalah ini bisa diatasi asalkan semenjak di bangku kuliah kita aktif dan kreatif sehingga saat lulus kita tak bingung mencari pekerjaan lagi. Ini 5 cara yang perlu kamu terapkan agar tak menganggur saat lulus kerja, yuk simak!

1. Tanyakan manfaat ilmu dari perkuliahan apapun yang sedang berlangsung

Saat mendengarkan dosen memberikan kuliah, jangan hanya diam dan pasif. Cobalah bertanya apa manfaat ilmu tersebut dan fungsinya untuk umat manusia. Dengan begitu kamu mampu berpikir mengenai peluang apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan ilmu yang kamu pelajari.

2. Membangun dan memperkuat jaringan saat berstatus mahasiswa

Saat duduk di bangku kuliah, jangan hanya diam tanpa membangun relasi dan jaringan sesama mahasiswa. Karena dengan begitu kamu bisa dengan mudah mendapatkan info lowongan kerja saat lulus dan kamu gak akan begitu kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

3. Terbiasa berorganisasi

Saat berstatus menjadi mahasiswa ada baiknya kamu belajar berorganisasi untuk bekal saat di dunia kerja nanti. Percaya deh saat kamu belajar berorganisasi, sejatinya hal tersebut akan bermanfaat ketika kamu bekerja nanti.

4. Memiliki karya sehingga membantumu mendapatkan poin plus saat mencari pekerjaan nanti

Kamu pun jangan hanya menjadi mahasiswa biasa tanpa prestasi. Biasakan untuk menghasilkan berbagai prestasi atau karya-karya ilmiah dan masukan dalam portofoliomu agar kamu mendapatkan poin plus saat mencari kerja nanti.

5. Mengembangkan hobi dengan serius

Terakhir kamu bisa mengembangkan hobi dengan serius saat kuliah agar nanti ketika kamu lulus, hobimu bisa menghasilkan uang. Kalau kamu hobi melukis, kembangkan hobimu agar hasil lukisanmu berdaya jual tinggi sehingga kamu bisa mendapatkan uang. Asalkan kamu memiliki potensi dalam bersaing, segalanya akan menjadi mudah kan!

Leave a Reply