Ternyata, Ini Kemampuan Black Hole Di Luar Angkasa

Black Hole

Black Hole atau Lubang Hitam merupakan benda langit yang selama bertahun-tahun masih menjadi misteri bagi sebagian besar ilmuwan. Pasalnya, benda kosmik yang terbentuk dari ledakan supernova ini memiliki sifat yang tak biasa. Melalui sebuah penelitian terbaru, ilmuwan kembali menemukan fakta mengejutkan mengenai Black Hole. Berikut informasinya!

1. Seperti zombie, Black Hole mampu membangkitkan bintang dari kematian

Selama ini, Black Hole dikenal sebagai benda langit berpartikel padat yang memiliki kemampuan untuk ‘memangsa’ bintang (stars eater). Besarnya¬†gravitasi Black Hole memungkinkan benda kosmik ini menarik bintang bahkan dengan ukuran besar sekalipun. Fakta ilmiah menunjukkan bahwa Black Hole tidak hanya menelan tapi juga membangkitkan bintang mati atau katai putih yang telah kehabisan energi.

2. Hanya Black Hole dengan ukuran ini yang punya kemampuan khusus

Jumlah Black Hole di jagad raya ini sangat banyak dengan ukuran berbeda-beda yaitu kecil, sedang, dan besar. Namun, tidak semua Black Hole mampu membangkitkan bintang mati. Hanya Black Hole berukuran sedang yang mempunyai kemampuan khusus tersebut. Dengan gravitasi ideal yaitu setara dengan 10 ribu kali lipat gravitasi matahari, kerusakan yang dialami oleh bintang mati pun dapat diperbaiki.

3. Layaknya bengkel, Black Hole merombak tubuh bintang mati

Gravitasi kuat yang dimiliki Black Hole tipe sedang mampu merombak dan mendistorsi tubuh bintang mati. Hal ini kemudian menimbulkan fusi nuklir pada tubuh bintang yang pada akhirnya mengubah helium, oksigen, dan karbon menjadi unsur solid seperti zat besi.

4. Bintang pun dapat lahir kembali

Setelah mengalami proses perombakan, bintang pun akhirnya dikeluarkan dari Black Hole dan lahir kembali seperti sebelum mengalami kematian.

Leave a Reply