Ternyata Ini Alasan Mengapa Jarang Ada Orang Gemuk Di Jepang

Orang Gemuk

Obesitas adalah masalah hampir semua negara. Namun banyak masyarakat dunia yang begitu penasaran dengan kondisi yang dialami di Jepang. Jumlah warga yang termasuk kategori orang gemuk di Negeri Sakura ini terbilang jarang terlihat. Pertanyaan ini juga mengemuka dari netizen yang bertanya melalui situs tanya jawab Quora.

Seorang netizen bernama Eiji Takano yang pernah tinggal di Jepang antara 1942-1995 mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Eiji yang kini tinggal di Mississipi, Amerika Serikat, mengatakan masalah obesitas ada kaitannya dengan tingkat kemiskinan dan pendidikan.

“Kebanyakan orang Jepang tidak hidup dalam kemiskinan,” tulis Eiji.

Menurut Eiji, tingkat pendidikan yang baik membuat masyarakat Jepang punya pengetahuan mendalam tentang nutrisi.

Faktor lain adalah bentuk fisik orang Jepang yang lebih kecil dibandingkan orang-orang dari negeri barat. Hal ini menyebabkan jumlah asupan lebih sedikit.

“Jadi kami makan sedikit dan punya pengetahuan tentang nutrisi,” ujarnya.

Untuk menu makanan, Eiji juga mengatakan jika masyarakat Jepang banyak makan sayuran, ikan dan daging.

Satu faktor lain yang membuat orang Jepang jarang yang mengalami kegemukan adalah tak semua warganya memiliki rumah. Masyarakat Jepang lebih banyak menggunakan transportasi publik yang memang sistemnya sudah baik.

“Sulit menemukan tempat parkir karena negara kami kecil dan harga tanah terlalu mahal,” katanya.

Untuk beraktivitas, masyarakat Jepang lebih banyak berjalan kaki ke kantor, supermarket, kuliah setelah menumpangi bus atau kereta bawah tanah.

“Artinya kami berolahraga setiap hari,” kata Eiji.

Leave a Reply