Terduga Plagiat, Bilik Telepon Berisi Ikan Mas Di Jepang Dibongkar

Bilik Telepon

Sebuah instalasi seni berupa bilik telepon yang menyerupai akuarium berisi banyak ikan mas akan dipindahkan dari depan sebuah kedai kopi di Prefektur Nara setelah mendapat dilaporkan sebagai hasil plagiat, menurut pengelola tempat tersebut pada Rabu (5/4).

Bilik telepon yang terletak di Yamatokoriyama tersebut dikatakan menyerupai salah satu karya dari Nobuki Yamamoto, seorang artis dari Iwaki, Prefektur Fukushima. hal tersebut diungkapkan dalam sebuah konferensi pers yang diselenggarakan di Nara pada hari yang sama.

Yamatokoriyama dikenal karena produksi ikan masnya yang melimpah serta menjadi tuan rumah dalam kompetisi dunia untuk kingyosukui, yang mana merupakan acara populer yang rutin dilaksanakan  pada festival musim panas.

Menurut Yamamoto, bilik telepon tersebut telah ditampilkan pertama kali pada sebuah acara yang dibuat oleh asosiasi pedagang di tahun 2013. Tetapi seniman yang berusia 62 tahun tersebut mengatakan, dirinya telah membuat hal serupa pada tahun 1998 di Tokyo yang kemudian dipajang di museum yang terletak di Iwaki.

Seniman tersebut telah mengajukan proses sejak 2013 dan mengatakan ia juga akan mempertimbangkan untuk mengajukan gugatan hukum.

Leave a Reply