Tayang September, Ini 5 Fakta Tentang Film The Nun

The Nun

Kamu pasti masih ingat Valak, kan? Sosok hantu berwujud biarawati dari film The Conjuring 2 ini memang sempat viral di media sosial, sampai dijadikan bahan berbagai meme kocak.

Saking populernya, Warner Bros akhirnya memutuskan untuk membuat film khusus Valak untuk mengungkap cerita misterius dari asal-usul hantu ini. Diberi judul The Nun, film ini dijadwalkan rilis di bioskop seluruh dunia pada bulan September mendatang.

Sambil menunggu dua bulan lagi, baca dulu nih, fakta-fakta menarik seputar film The Nun yang bakal siap bikin kamu susah tidur setelah nonton!

1. Mengungkap misteri identitas dan kematian Valak

Cerita dalam film The Nun diawali dengan kedatangan seorang suster muda bernama Irene dari gereja Vatikan yang dikirim ke Romania. Kedatangannya di sana adalah untuk mencari tahu tentang sosok biarawati yang meninggal bunuh diri secara misterius pada bertahun-tahun sebelumnya. Konon sejak kecil, Suster Irene kerap mendapat penglihatan tentang biarawati tersebut.

Ditemani seorang pendeta, suster muda tersebut akhirnya memulai sebuah penyelidikan untuk mengungkap misteri kematian suster Valak.

2. Syuting di bekas benteng militer di Rumania

Proses syuting untuk film The Nun dimulai sejak Februari 2017 lalu, dan memakan waktu hingga 27 minggu. Sebagian besar syuting dilakukan di sebuah lokasi bekas benteng militer di Rumania, yang digunakan sebagai latar tempat suster Irene menyelidiki kematian Valak.

3. Setting latar cerita bernuansa horor klasik

Latar belakang waktu untuk film The Nun sendiri di-setting pada tahun 1952, sehingga suasana dalam film dibuat senyata mungkin untuk menggambarkan kondisi Romania pada era itu.

Sutradara Corin Hardy mengatakan, gaya sinematografi film The Nun akan berkiblat pada gaya ala horor klasik. Gak heran kalau lokasi syutingnya pun menggunakan bekas bangunan tua yang juga dikenal angker!

4. Ditangani oleh sutradara dan produser ternama

Salah satu fakta paling menarik dari film The Nun adalah keterlibatan nama-nama besar dalam industri film Hollywood di belakang layar. Seperti Corin Hardy yang menempati kursi sutradara, ia paling dikenal publik berkat kepiawaiannya menangani film horor The Hallow yang rilis tahun 2015 lalu.

Sementara itu di kursi produser, ada James Wan yang paling melegenda dalam dunia film horor, lewat karya-karyanya, seperti Saw, Insidious, dan The Conjuring. Ada pula Peter Safran yang juga merupakan produser film The Conjuring dan Annabelle, serta Gary Dauberman yang sekaligus merangkap sebagai penulis skenario. Gary merupakan sosok di balik skenario film horor IT yang tahun lalu mendulang sukses besar.

5. Apakah karakter Valak diadaptasi dari kisah nyata?

Faktanya, nama ‘Valak’ memang diadaptasi dari kisah mitologi. Namun sosoknya yang digambarkan dalam film The Conjuring 2 dan The Nun sangatlah berbeda dengan versi mitologi yang menggambarkannya sebagai sosok anak kecil dengan sayap malaikat yang menunggangi naga berkepala dua.

Menurut James Wan, tokoh Valak sebenarnya terinspirasi dari sosok makhluk halus yang pernah menghantui paranormal Lorraine Warren di rumahnya. Lorraine menggambarkan sosok tersebut sebagai makhluk yang mengenakan tudung.

Tonton trailernya di sini!

Leave a Reply