Takut Naik Pesawat? Tips Ini Mungkin Bisa Membantu

Naik Pesawat

Bagi sebagian orang, naik pesawat terbang itu terasa sangat menyeramkan, apalagi bagi orang yang suka berwisata, ini bisa jadi penghalang. Apakah kamu termasuk yang mengalami hal ini?

Banyak penyebab seseorang mengalami rasa takut ketika naik pesawat. Mulai dari takut jatuh, dan banyak alasan lainnya yang pastinya berbeda-beda pada setiap orang.

Untuk mengatasi rasa takut naik pesawat ini bukan hal yang sulit. Tapi juga tidak bisa dibilang gampang, apalagi kalau sudah sampai tahapan phobia. Namun bukan berarti tidak bisa diatasi sama sekali.

Kalau kamu merasakan takut untuk naik pesawat. Coba lakukan trik berikut ini jika terpaksa bepergian dengan pesawat terbang:

Cari Tahu Pemicunya

Mengetahui dasar masalah adalah hal penting untuk kemudian mencari solusi pada masalah tersebut. Coba gali sampai menemukan apa yang sebenarnya membuat kamu takut naik pesawat. Contohnya: Jika akar masalahnya adalah kamu takut pesawatnya jatuh, coba pelajari sistem keamanan pesawat terbang. Carilah info sebanyak mungkin tentang kecelakaan yang pernah terjadi dengan pesawat dan bandingkan dengan alat transportasi lain. Asal tahu saja, angka kecelakaan pesawat paling kecil loh kalau dibanding moda transportasi darat atau laut.

Ajak Teman

Untuk penerbangan pertama kamu dengan pesawat, sebaiknya tidak dilakukan sendirian. Ajaklah teman atau saudara untuk mendampingi selama berada di pesawat. Kehadiran seseorang yang kamu kenal akan mempermudah perjalanan, kamu akan merasa lebih aman dan mudah untuk mengalihkan perhatian dari rasa takut yang berlebihan.

Dengan harga tiket pesawat murah, tidak menjadi masalah untuk membeli dua tiket buat teman. Apalagi kalau kamu membeli online, lebih banyak promo tiket yang bisa didapatkan.

Minum Kafein atau Makan Cokelat

Dua zat ini membantu untuk menurunkan rasa cemas. Minumlah cairan yang mengandung kafein atau cokelat untuk membantu menenangkan hati dan pikiran. Jika tidak menemukan kopi atau cokelat, cobalah minuman berenergi yang biasanya mengandung stimulan untuk menenangkan pikiran.

Biasanya, maskapai yang menjual tiket pesawat murah (klik untuk referensi kamu) pun memberikan minuman ketika terbang. Mintalah minuman-minuman ini untuk mengurangi rasa cemas.

Beritahu Awak Pesawat

Sebelum naik, beri info kepada awak pesawat bahwa kamu mengalami takut terbang. Biasanya kru akan memberikan saran yang berguna untuk menenangkan kamu selama perjalanan. Selain itu, mereka juga akan memberikan tempat duduk yang paling nyaman agar perjalanan kamu lebih tenang.

Tutup Jendela

Jika kamu mendapatkan kursi di samping jendela, sebaiknya tutup saja selama perjalanan. Melihat pemandangan dari angkasa menyenangkan bagi yang menyukainya. Namun bisa jadi hal yang mengerikan buat yang takut terbang.

Akan lebih baik jika posisi kamu berada jauh dari jendela. Ketika membeli tiket pesawat murah, beritahu kepada kru bahwa kamu menginginkan kursi yang jauh dari jendela. Selama tersedia, kamu bisa mendapatkannya.

Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya Tentang Pesawat

Coba gali informasi mengenai apa yang biasanya terjadi ketika pesawat terbang. Bagaimana proses take off dan landing berlangsung. Seperti apa turbulensi dan apa yang harus dilakukan ketika itu terjadi.

Pengetahun-pengetahuan semacam ini akan membuatmu tenang ketika sudah berada di dalam pesawat. Tidak perlu panik ketika sensasi take off dan landing serta turbulensi berlangsung. Yakinkan diri bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Sibukkan Dirimu

Bawa buku, nonton film atau mendengarkan musik bisa kamu lakukan untuk mengalihkan perhatian selama naik pesawat. Sebaiknya bawa bacaan yang kontennya ringan dan tidak berbau hal mengerikan tentang pesawat. Dan jangan pula menonton film yang mengandung kecelakaan pesawat agar kamu tidak semakin khawatir.

Jika beberapa trik di atas masih belum mengurangi rasa takut akan naik pesawat, pertimbangkan untuk menemui psikolog/psikiater untuk mengobati rasa takutmu.

Leave a Reply