Survey Canalys, Xiaomi Smartphone Terlaris Nomor 2 Di Indonesia

Xiaomi

Langkah agresif perusahaan smartphone asal China, Xiaomi, di pasar Indonesia tampaknya membuahkan hasil. Setelah melakukan ‘comeback‘ pada tahun 2017 lalu, Xiaomi berhasil melesat ke posisi kedua dalam jajaran perusahaan smartphone terlaris di Indonesia untuk kuartal pertama 2018.

Data ini diungkapkan oleh perusahaan riset Canalys, yang menyebut Xiaomi berada di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 18,3 persen pada kuartal pertama 2018, atau naik sebesar 1.455 persen dibandingkan kuartal pertama 2017.

Menurut data Canalys, Xiaomi berada di bawah Samsung yang masih merajai pasar smartphone di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 25,5 persen. Sementara itu, di bawah Xiaomi berturut-turut ada Oppo (16 persen), Vivo (6,5 persen), dan Smartfren (5,6 persen).

Data yang diungkap Canalys cukup berbeda dengan data dari IDC Indonesia pada kuartal keempat 2017. Apabila menurut IDC, Xiaomi berada di posisi kelima brand smartphone terlaris di Indonesia pada kuartal empat 2017. Namun, sejauh ini IDC belum mengungkap data terbaru mereka di kuartal pertama 2018.

Menanggapi data yang diungkap Canalys, pihak Xiaomi Indonesia menunjukkan kegembiaraannya. Steven Shi, Country Manager Xiaomi Indonesia, mengaku gembira dengan dukungan terhadap Xiaomi di Indonesia.

“Pertumbuhan operasional yang kami capai melalui peningkatan kapasitas produksi lokal, jalur penjualan online dan offline, rekrutmen talenta terbaik, ekspansi layanan purna jual, dan dukungan dari para Mi Fans tentunya telah berkontribusi terhadap progress dan pertumbuhan Xiaomi di Indonesia,” ujar Shi, dalam siaran pers.

Shi menegaskan Xiaomi bakal terus bekerja keras untuk mempertahankan momentum ini di Indonesia.

“Kami akan terus bekerja keras untuk menjaga momentum ini dan untuk meluncurkan lebih banyak lagi produk berkualitas tinggi dengan harga yang jujur di Indonesia,” tegasnya.

Xiaomi memang tengah agresif di pasar Indonesia. Perusahaan asal China itu baru saja membuka enam Authorized Mi Store baru di Indonesia pada Minggu (13/5).

Keenam Authorized Mi Store baru itu terletak di Centre Point Medan, Mall Olympic Garden Malang, Gandaria City Jakarta, AEON Mall Jakarta, Cibubur Junction, dan Ruko Niaga Roxy Mas Jakarta.

Leave a Reply