Sunblock Akan Segera Dilarang Oleh Negara Ini

Sunblock

Sunblock atau tabir surya merupakan salah satu benda wajib bagi para wisatawan. Namun, di Hawaii, Amerika Serikat, sebentar lagi barang ini akan segera dilarang.

Seperti dilansir dari Travel+Leisure, Senin (9/7/2018) Hawaii akan memiliki peraturan baru yang melarang penggunaan sunblock atau tabir surya. Gubernur David Ige akan menandatangani RUU tersebut pekan ini dan aturannya akan berlaku pada tahun 2021.

Hal ini dilakukan sebagai upaya Hawaii dalam melindungi kehidupan laut, karena sebagian besar tabir surya yang beredar di pasaran saat ini mengandung bahan-bahan kimia yang bisa berbahaya bagi terumbu karrang, seperti oxybenzone dan octinoxate.

Padahal, kedua zat tersebut terbukti sangat efektif untuk mencegah kanker kulit karena paparan sinar matahari. Tetapi, dampak yang diberikan olehnya kepada laut adalah pemutihan terumbu karang, bahkan bisa membunuh pertumbuhan karang baru.

Tabir surya yang beredar di AS pun 70 persennya mengandung kedua zat tersebut. Merek-merek itu adalah Banana Boat, Coppertone dan Hawaiian Tropic.

Tetapi, ada juga zat yang berbahan dasar mineral yang tidak larut dalam air untuk menjaga kulit agar tidak kena paparan sinar matahari langsung. Sunblock ini memakai zinc oxide dan titanium dioxide untuk memantulkan sinar matahari ke kulit.

Meski akan segera dilarang pada tahun 2021 mendatang, aturan ini tidak berlaku bagi wisatawan internasional yang membawa tabir surya bukan dari Hawaii.

Rencananya, bukan hanya Hawaii yang akan memakai aturan ini. Pulau Bonaire di Karibia juga akan menerapkannya pada tahun 2021 mendatang.

Leave a Reply