Suhu Lebih Panas dari Indonesia Dialami Berbagai Daerah Ini

Suhu

Indonesia adalah salah satu negara yang dilewati oleh Garis Khatulistiwa, maka dari itu tidak heran jika suhu di Indonesia terasa sangat panas. Salah satu wilayah yang dalam kondisi demikian adalah ibu kota DKI Jakarta dan sekitarnya.

Cuaca yang yang sangat terik ini menjadi penyebab dehidrasi dan kulit terasa terbakar. Meski begitu, ternyata kondisi seperti ini tidak hanya dirasakan di Indonesia.

Masih ada berbagai negara lain yang merasakan panas berkali-kali lipat dibandingkan dengan di Indonesia.

Seperti dilansir merdeka.com dari berbagai sumber, berikut ini negara-negara yang lebih panas dari Indonesia:

Mali, Afrika Utara

Di Mali ada sekitar 15 juta orang yang harus merasakan cuaca panas dengan suhu hingga 54,5 derajat celsius. Kota kuno ini berada di persimpangan rute perdagangan kuno Gurun Sahara.

Bagusnya, Mali masih dialiri oleh sungai besar, yakni Sungai Niger. Dengan adanya air, para warga bisa menggunakannya sebagai alat untuk mendinginkan diri.

Rubal Khali, Semenanjung Arabia

Rub’al Khali merupakan sebuah padang pasir terbesar yang ada di dunia, meliputi sepertiga wilayah semenanjung Arab, kawasan yang mencakup Saudi Arabia, Oman, Yaman, dan Uni Emirat Arab. Suhu tertinggi disana pernah mencapai hingga 56,1 derajat celcius.

Karena temperatur suhu yang sangat tinggi, manusia tidak mungkin menyeberangi gurun ini tanpa menggunakan alas kaki.

Dasht-e Lut, Iran

Dasht-e Lut atau lebih dikenal sebagai Gurun Lut, memiliki suhu yang sangat panas. Ketika tahun 2005, Gurun Lut adalah daratan terpanas di Bumi dengan suhu panas hingga 70 derajat celsius.

Dan lebih uniknya lagi, berdasarkan salah satu penelitian menemukan bahwa di Gurun Lut, susu tidak dapat basi karena bakteri tidak mungkin dapat hidup dalam panas yang berlebih. Gurun Lut sendiri adalah rumah bagi beberapa piramida pasir tertinggi di dunia.

Flaming Mountain (Huo Yan Shan), China

Bukan hanya terkenal dengan seekor panda dan juga tirai bambu, China juga punya wilayah terpanas di dunia. Flaming Mountain atau Gaochang Mountain yang berada di Pegunungan Tian Shan, Xinjiang, Cina. Meski dinamakan pegunungan, tetapi suhu panas di tempat ini terbilang sangat tinggi.

Pada tahun 2008, satelit NASA mencatatkan salah satu temperatur terpanas di dunia, yakni 80 derajat celsius dan itu adalah di Flaming Mountain.

Death Valley, Amerika Utara

Death Valley atau Lembah Kematian berada di Gurun Mojave, California. Lembah ini merupakan kawasan terkering, terpanas, dan terendah di Amerika Utara. Suhunya pernah mencapai 57 derajat celsius.

Pengukuran suhu pada Death Valley dilakukan dengan memakai termometer di tanah. Beberapa orang memiliki pendapat bahwa temperatur di Gurun Lut dan Flaming Mountain tidak valid. Ini membuat Death Valley sering disebut sebagai tempat terpanas di dunia.

Leave a Reply