Sudah 129 Tahun, Wanita Ini Anggap Umur Panjangnya Sebagai Hukuman Tuhan

Umur Panjang

Seorang wanita yang diklaim tertua di dunia berusia 129 tahun. Itu dibuktikan dengan paspor Rusia miliknya yang punya tanggal lahir 1 Juni 1889.

Wanita ini bernama Koku Istambulova. Banyak dokumen resmi dihancurkan dalam perang yang menghancurkan Chechnya.

Itulah yang membuat usianya tidak bisa diverivikasi. Jika ia benar berusia 129 tahun, maka ia hidup pada tahun 1918 ketika penduduk asli Chechnya dideportasi secara massal oleh Stalin ke Kazakhstan.

Dia pun menceritakan pengalamannya saat dia diusir dari tanah airnya.

“Ini adalah hari yang buruk, dingin dan suram,” katanya.

“Gerbong kereta api dipenuhi orang-orang, kotoran, sampah, kotoran di mana-mana,” jelasnya lagi.

Koku bercerita tentang gadis-gadis muda Caucasus yang sekarat ketika kantung kemih mereka pecah karena mereka terlalu malu untuk pergi ke toilet di kereta yang penuh sesak dan bau.

“Dalam perjalanan ke pengasingan kami, mayat-mayat baru saja dibuang keluar dari kereta,” ungkapnya.

Setelah kematian Stalin, pengasingan 13 tahun orang Chechnya berakhir, memungkinkan banyak orang kembali ke rumah hanya untuk menempati rumah mereka telah diambil oleh orang Rusia.

“Kamu bertanya apakah aku memiliki satu hari bahagia dalam hidupku. Itu adalah hari ketika saya pertama kali memasuki rumah saya. Itu sangat kecil dan saya menyalakan kompor dengan kayu. Tapi itu rumah saya. Saya membangunnya sendiri, rumah terbaik di dunia,” ungkapnya.

Ia menceritakan tinggal di sana selama 60 tahun. Sekarang, ia dirawat oleh cucunya yang bernama Medina. Menurut Medina Koku sedih kehilangan putrinya Tamara yang meninggal beberapa tahun lalu.

“Setelah kematiannya, Koku hampir buta,” kata Medina.

“Dia menangis berkali-kali sehari saat dia mengingat putrinya,” ungkap gadis 15 tahun ini.

Sebelumnya ditanya tentang rahasia umur panjangnya, Koku mengklaim itu “adalah kehendak Tuhan”.

“Umur panjang sama sekali bukan pemberian Tuhan bagi saya tetapi hukuman,” katanya.

Koku juga menceritakan tentang pernikahannya dengan pria bernama Magomed. Dia mengatakan tidak mengenal dan mencintai pria itu. Namun, ia akhirnya mulai mecintainya meski pria itu tidak tampan menurutnya.

Para pejabat mengatakan dokumen-dokumen asli Koku hilang selama perang yang menghancurkan tanah airnya di awal abad ini. Tidak ada cara untuk membuktikan usianya yang luar biasa.

Di Rusia sendiri ada 37 orang berusia di atas 110 tahun. Umur manusia tertua didokumentasikan adalah Jeanne Calment dari Perancis  yang hidup sampai umur 122 tahun, 164 hari. Jeanne Calment meninggal pada tahun 1997.

Leave a Reply