Stop Kritik Tanpa Solusi, Yuk Kuatkan Kembali Rupiah Dengan 5 Cara Ini!

Rupiah

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin mengkhawatirkan. Apalagi pada Selasa (4/9) malam, rupiah melemah hingga tembus Rp15.000 per dolar AS. Meski benar menjadi tanggung jawab pemerintah dalam menghadapi penurunan nilai rupiah ini, tapi kita juga turut andil lho dalam masalah ini. Berikut ini adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu rupiah menguat, dilansir dari halomoney.co.id .

1. Berani pegang rupiah

Kamu harus berani pegang rupiah. Maksudnya kita harus yakin dan terus menggunakan mata uang ini dan tidak ikut-ikutan menurkan ke dolar. Hal ini disebabkan karena kenaikan dan penurunan perekonomian berlaku seperti sebuah siklus. Cepat atau lambat, nilai mata uang ini akan kembali menguat.

2. Ayo beli produk lokal

Jangan kebanyakan beli produk impor guys. Kamu harus kurangi beli produk impor biar rupiah semakin kuat. Kamu bisa membeli produk dalam negeri, terlepas dari perbedaan kualitas dengan produk impor. Banyak kok produk dalam negeri kita yang keren-keren dan sudah tembus pasar internasional.

3. Perbanyak transaksi dengan rupiah

Banyak lho sektor yang bisa ‘dipaksa’ untuk menggunakan rupiah dalam transaksinya. Misal pariwisata. Karena di pariwisata banyak kayak turis yang menggunakan mata uang asing dalam transaksinya. Dengan membuat regulasi yang mengharuskan penggunaan mata uang rupiah pada tempat-tempat tersebut, misalnya, turis lokal dan—terutama—mancanegara akan menggunakan rupiah dalam setiap transaksinya. Dengan sendirinya, mereka akan membuat ‘wajah’ rupiah kembali sumringah.

4. Jangan ambil keuntungan dengan menukar rupiah ke dolar

Karena dolar naik, banyak nih yang menukarkan rupiah ke dolar. Harapannya, tentu agar mereka memperoleh keuntungan. Tapi akibatnya justru rupiah terus dikeroyok hingga semakin bonyok. Kita perlu rasa nasionalisme yang kuat untuk tidak tergoda mengambil keuntungan dari kejatuhan rupiah.

5. Yuk mulai berhemat

Beberapa diantara kita punya kemampuan finansial lebih dari cukup dan biasanya memiliki simpanan dolar sebagai bagian dari portofolio keuangannya. Simpanan ini dilakukan sebagai bagian dari diversifikasi investasi mereka. Salahkah? Tentu tidak.

Meski demikian, peristiwa ini bisa menjadi momentum bagi mereka untuk berperan menyelamatkan perekonomian bangsa dengan cara sederhana. Bila memiliki ‘cadangan dolar’ dalam portofolio keuanganmu, kamu dapat menukarkannya ke dalam rupiah.

Setelah itu, kamu bisa menginvestasikannya dalam instrumen-instrumen keuangan yang saat ini relatif tangguh menghadapi krisis, misalnya reksadana. Namun, tetap cermati produk reksadana yang hendak kamu tuju, ya.

Leave a Reply