Steam Akan Aplikasikan Chat System Seperti Discord?

Discord

Jika dahulu para gamer mengenal TeamSpeak saat melakukan voice chat antar gamer dengan berbagai keterbatasan yang dimilikinya, saat ini Discord sepertinya merupakan aplikasi yang sangat wajib dimiliki oleh setiap gamer. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan voice chat, chat, sampai membentuk komunitas game tertentu di channel Discord milik Anda.

Berbeda dengan TeamSpeak yang memungut biaya untuk sewa server, Discord menawarkan servisnya secara gratis, kecuali jika Anda ingin melakukan custom terhadap emoticon. Saat ini, keunikan yang ditawarkan oleh software buatan Discord Inc ini mulai dilirik oleh beberapa developer lain, dan salah satunya adalah Valve.

Lewat sebuah postingan di Reddit, seorang user bernama DarkMio menemukan bocoran mengenai update teranyar Steam via forum Russia, Zoneofgames. Update ini akan memberikan Steam chat UI baru yang segera memasuki masa beta testingnya dalam waktu dekat.

Anda akan bisa membuat dan menyimpan group chat, memberikan nickname permanen untuk teman di friendlist, peningkatan voice chat yang terdengar layaknya voice chat channel di Discord. Kesamaan ini terus berlangsung dengan hadirnya fitur “siapa bermain game apa”, bermain dengan siapa, dan fitur lain yang juga bisa ditambahkan dengan sesuka hati oleh para developer video game. Chatnya juga akan miliki fitur “multi-media friendly” sehingga Akan memudahkan Anda untuk menambahkan gif, atau gambar lain.

Saat ini, fitur diatas juga sedang dicoba oleh Blizzard di launcher Battle.net terbarunya yang saat ini memasuki masa beta, tetapi sampai saat ini Valve masih tutup mulut mengenai update tersebut. Di sisi lain, sinyal positif akan kehadirannya terkuak melalui datamine yang diambil dari Steam tentang chat room, voice chat, dan media upload.

Leave a Reply