Spurs Lolos Babak Kelima Piala FA Setelah Kalahkan Newport County 2-0

Newport County

Tottenham Hotspur akhirnya lolos ke babak kelima Piala FA. Spurs lolos usai mengalahkan klub League Two atau divisi empat, Newport County, dengan skor 2-0.

Pada laga ulangan babak keempat di Wembley, Kamis (8/2/2018) dinihari WIB, Spurs menang berkat gol bunuh diri Dan Butler di menit ke-26 dan gol Erik Lamela di menit ke-34.

Laga ulangan ini digelar setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di markas Newport pada akhir Januari lalu. Pada laga ini, bek Spurs Toby Alderweireld kembali tampil usai absen lama akibat cedera.

Meski menyimpan banyak pemain intinya, Spurs masih terlalu kuat untuk Newport. The Lilywhites sangat mendominasi dan seharusnya bisa menang dengan skor lebih besar.

Spurs selanjutnya akan menghadapi klub League One, Rochdale, di babak kelima Piala FA pada 18 Februari 2018.

Jalannya Pertandingan

Bek kiri Danny Rose berpeluang membawa Spurs unggul di menit ke-23. Tapi, tembakan first time-nya dari dalam kotak penalti cuma mengenai sisi luar jala gawang.

Berselang tiga menit, Spurs benar-benar memimpin. Umpan silang Moussa Sissoko dari sisi kanan mengenai kaki Butler, yang membuat bola berbelok ke arah gawang Newport.

Kiper Newport, Joe Day, membuat dua penyelamatan pada menit ke-31. Day mementahkan tembakan voli Lamela, kemudian menggagalkan upaya Son Heung-min dari dalam kotak penalti.

Son gagal memaksimalkan sebuah kesempatan dua menit kemudian. Tembakannya dari luar kotak penalti masih melenceng tipis.

Tapi, Son punya peran dalam terciptanya gol kedua Spurs di menit berikutnya. Operan pendeknya dituntaskan oleh Lamela menjadi gol lewat sebuah tembakan mendatar.

Lamela menyia-nyiakan kesempatan emas pada menit ke-65. Operan dari Fernando Llorente membuatnya langsung berhadapan dengan Day, tapi penyelesaiannya dimentahkan oleh kiper Newport itu.

Pemain pengganti Christian Eriksen juga melewatkan sebuah peluang beberapa menit kemudian. Sontekannya meneruskan umpan tarik Rose masih menyamping.

Llorente nyaris mencetak gol ketiga Spurs pada menit ke-79. Striker asal Spanyol itu berdiri bebas di mulut gawang, tapi gagal menuntaskan umpan matang dari Eriksen. Sontekannya ke tiang jauh meleset.

Dele Alli juga membuang peluang bagus empat menit kemudian. Dia tinggal berhadapan dengan Day, tapi tembakannya menghantam mistar gawang.

Hingga pertandingan usai, skor 2-0 untuk kemenangan Spurs tak berubah.

Susunan Pemain
Tottenham Hotspur: Vorm, Aurier, Alderweireld, Foyth, Rose (Walker-Peters 86′), Wanyama (Alli 78′), Winks, Sissoko, Lamela, Son (Eriksen 61′), Llorente

Newport County: Day, Pipe (McCoulsky 67′), White (O’Brien 77′), Demetriou, Butler, Tozer (Dolan 59′), Bennett, Labadie, Willmott, Nouble, Amond

Lolos Piala FA & Liga Champions Dimulai Lagi, Spurs Mau Nikmati Pekan-Pekan Sibuk

Tottenham Hotspur sukses lanjut ke babak kelima Piala FA. Ditambah dengan Liga Champions yang dimulai lagi pekan depan, pekan-pekan sibuk pun menanti.

Spurs melaju ke babak kelima Piala FA usai menang 2-0 atas Newport County, Kamis (8/2/2018) dinihari WIB, dalam partai ulangan. Kedua tim berimbang 1-1 di laga sebelumnya.

Dengan kelolosan ini, Spurs bakal menjalani pekan-pekan yang sibuk ke depannya. Selain mesti kerja keras untuk masuk ke empat besar Premier League, Liga Champions juga kembali bergulir tengah pekan depan.

“Ini adalah Piala FA dan memang sulit. Tapi saya senang karena kami punya tekad untuk berada di babak berikutnya,” kata Manajer Spurs Mauricio Pochettino kepada BBC.

“Penting bagi kami untuk tetap melaju dan memenangi pertandingan. Kami akan sangat sibuk di Premier League, Liga Champions, dan Piala FA, tapi kami ingin terus mencatatkan laju ini,” tambahnya.

Pada babak kelima, Spurs akan bertandang ke markas tim divisi tiga, Rochdale. Rochdale baru-baru ini mendapatkan sorotan karena lapangan di markas mereka, Spotland Stadium, amat buruk kondisinya. Salju membuat lapangannya berlumpur.

Pochettino pun sudah mendengar kabar tersebut, tapi belum mau terlalu memikirkannya. Saat ini fokusnya terarah ke laga derby kontra Arsenal di Wembley, Sabtu (10/2/2018) malam WIB.

“Saya belum melihat lapangan di Rochdale, tapi sudah mendengarnya. Pertama kami perlu memikirkan laga hari Sabtu ini, tapi ya memang akan berat untuk menang lagi di Piala FA. Selangkah demi selangkah saja,” tandas Pochettino.

Spurs Makin Oke, Lamela Tak Punya Alasan untuk Hengkang

Erik Lamela menegaskan komitmennya kepada Tottenham Hotspur. Meski sempat digosipkan kembali ke Serie A, Lamela tak punya niat untuk meninggalkan Spurs.

Di bursa transfer bulan Januari lalu, Lamela sempat dikaitkan dengan beberapa klub Italia. Juventus, Inter Milan, sampai mantan klubnya AS Roma disebut tertarik untuk mendatangkan pemain asal Argentina itu.

Lamela, yang masih terikat kontrak hingga 2020 bersama Spurs, mengaku tak tertarik untuk hengkang. Untuk saat ini, dia bahagia di Spurs.

“Tidak pernah ada apapun dengan Juventus. Inter? Saya cuma berpikir soal klub saya saat ini dan saya sangat baik di Tottenham. Klub semakin oke dan oke dan saya suka tinggal di London,” Lamela mengatakan kepada Gazzetta dello Sport.

Lamela direkrut Spurs dari Roma pada musim panas 2013. Namun dia melewati musim pertama yang sulit di Inggris.

Semenjak kehadiran Mauricio Pochettino, Lamela perlahan nyetel dengan permainan Spurs dan sepakbola Inggris. Sudah mampu melewati masa-masa sulit, pemain berusia 25 tahun itu ingin membuktikan diri lebih jauh lagi.

“Pochettino berasal dari Argentina seperti saya dan dia tahu tidak mudah bagi pemain muda untuk nyetel dengan cepat dengan budaya yang sepenuhnya berbeda,” Lamela mengatakan.

“Pada awalnya saya punya masalah dengan bahasa, cedera, dan sepakbola yang berbeda. Setelah musim pertama, banyak orang bilang agar saya meninggalkan Inggris, tapi saya tidak mau menyerah, ini adalah tantangan. Sekarang saya masih di ini, jadi saya membuat keputusan yang tepat.”

Leave a Reply