Smartphone Terkena Air? Ini Yang Harus Segera Kamu Lakukan

Sebagai pengguna gadget, seringkali kita ceroboh dalam menggunakannya. Apalagi ketika gadget luput dari perhatian sehingga terjadi hal yang tak terduga, pada akhirnya kita sebagai pengguna selalu kelabakan.

Gadget terkena air, misalnya. Untuk mengatasinya, kita perlu melakukan langkah-langkah yang tepat agar gadget tetap aman. Karena, ternyata banyak cara-cara yang lazim dilakukan orang-orang namun cara tersebut malah merusak komponen elektronik dalam gadget. Berikut adalah

Yang Harus Segera Kamu Lakukan:

Segera matikan gadgetmu

Jangan tunggu lama! Segera matikan power gadget-mu. Kerusakan terjadi karena air yang mengenai komponen pada gadget-mu. Menonaktifkan gadget akan membantu mengurangi kerusakan pada gadgetmu.

Cabut seluruh komponen gadget

Cabutlah seluruh komponen gadget seperti casing belakang, SD card, kartu SIM, dan baterai. Sebanyak mungkin kamu mencabut seluruh komponen gadgetmu, maka akan semakin baik. Hal ini ditujukan agar air dapat keluar dari seluruh sisi.

Keringkan menggunakan vacuum cleaner

Kenapa harus vacuum cleaner? Karena alat tersebut dapat menghisap secara total air yang masih tersisa di bagian-bagian gadget-mu. Lebih baik lagi jika vacuum cleaner yang digunakan memiliki ujung penghisap yang runcing.

Biarkan gadget-mu benar-benar kering

Untuk benar-benar membuat gadgetmu kering, masukkan gadgetmu ke dalam semangkuk sereal beras. Mungkin kamu pernah mendengar sebelumnya tentang metode memasukan gadget ke dalam semangkuk beras. Tapi ternyata, memasukkannya ke dalam sereal beras lebih ampuh mengeringkan gadget-mu, karena sereal beras mampu menghisap cairan lebih cepat daripada beras nasi. Agar pengeringannya lebih maksimal, biarkan gadget-mu selama 48 jam di dalam semangkuk sereal beras.

Pasang kembali komponen gadget secara utuh

Setelah 48 jam, hentikan proses pengeringan menggunakan sereal beras. Kemudian pasang kembali seluruh komponen gadget-mu seperti semula.

Jangan lakukan:

Jangan gunakan hair dryer!

Satu lagi mitos terbesar dalam mengeringkan gadget, yaitu mengeringkannya dengan hair dryer! Itu adalah cara yang salah, Prelovers! Mengeringkan gadget menggunakan hair dryer hanya akan membuat komponen gadget terkena panas sehingga meleleh dan tidak berfungsi. Vacuum cleaner akan lebih baik untuk digunakan.

Jangan gunakan Microwave

Mengeringkan gadget dengan memasukkannya ke dalam microwave adalah ide buruk. Yang ada, gadget-mu bakal meleleh dan rusak total.

Leave a Reply