Setelah Asian Games Ganjil-Genap Tetap Berlaku, Ini Rutenya

Ganjil-Genap

Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang resmi ditutup. Namun, berakhirnya pesta olahraga terbesar di Asia itu tak mengubah sistem ganjil-genap yang berlaku di wilayah Ibu Kota.

Pemprov DKI Jakarta resmi memperpanjang perluasan sistem ganjil-genap di sejumlah ruas jalan Jakarta hingga Asian Paragames 2018 rampung. Perhelatan Asian paragames sendiri akan dilaksanakan sejak 8 hingga 16 Oktober 2018.

Berdasarkan cuitan twitter resmi @TMCPoldaMetro, aturan Pergub DKI Nomor 92 Tahun 2018 tentang pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap menjelang dan selama penyelenggaraan Asian Paragames 2018 tetap diberlakukan.

Dalam Pasal 3 ayat 1 dan 2 ‎Pergub DKI Nomor 92 Tahun 2018‎, sistem ganjil genap diberlakukan mulai tanggal 3 September sampai dengan 13 Oktober 2018. Di mana sistem ganjil-genap akan diberlakukan pada hari kerja mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

Perluasan sistem ganjil-genap sendiri masih di ruas jalan yang sama yakni, di Jalan Medan Merdeka Barat; Jalan MH Thamrin; Jalan ‎Jenderal Sudirman; Jalan Gatot Subroto; Sebagian Jalan S Parman; Jalan Jenderal MT Haryono.

Kemudian, Jalan HR Rasuna Said; Jalan Jenderal DI Panjaitan; Jalan Jenderal Ahmad Yani; serta sebagian Jalan Benyamin Sueb. Perluasan sistem ganjil-genap sendiri akan diberlakukan sejak 1-13 Oktober 2018.

Pergub tersebut telah resmi ditandatangani oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan pada 13 Agustus 2018. Namun sistem ganjil-genap tidak berlaku untuk kendaraan Presiden-Wakil Presiden, Ketua Lembaga legislatif dan yudikatif.

Selanjutnya, kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara; kendaraan dinas operasional TNI dan Polri; kendaraan atlit dan official yang bertanda khusus Asian Paragames; kendaraan pemadam kebakaran dan Ambulance.

Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas; kendaraan angkutan umum berplat kuning; kendaraan angkutan BBM dan BBG; serta kendaraan roda dua alias sepeda motor.

Leave a Reply