Setelah 15 Tahun, Kemarin Mars Paling Dekat Dengan Bumi

Planet Mars

Mars akan berada dalam jarak paling dekat dengan Bumi dalam 15 tahun belakangan. Ini membuat Planet Merah menjadi sangat mudah untuk dilihat. Mars bahkan akan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Pada 31 Juli pukul 3.50 pagi US Eastern Time atau 14.50 WIB, Mars akan hanya berjarak 57,6 juta kilometer dari Bumi.

Jarak ini relatif pendek mengingat biasanya, Mars berada 80,8 juta kilometer dari Bumi. Kejadian yang disebut “close approach” ini jarang terjadi. Terakhir kali Planet Merah berada pada jarak paling dekat dengan planet kita adalah pada 2003.

Setiap dua tahun sekali, Bumi akan berada di antara Mars dan Matahari. Tahun ini terjadi pada 27 Juli, hari yang sama dengan terjadinya gerhana Bulan terlama abad ini.

Menurut laporanĀ EarthSky, Mars juga mendekati akhir siklus rotasi berdurasi 15 tahun yang membuatnya mendekati Bumi.

Kedua fenomena ini membuat Mars menjadi sangat terang — lebih terang dari Jupiter, planet terbesar di tata surya — selama beberapa bulan ke depan.

Mars memiliki ukuran setengah dari Bumi. Biasanya, planet itu hanya terlihat sebagai titik di langit. Namun, jaraknya yang sangat dekat saat ini membuatnya menjadi sangat mudah untuk dilihat. Selain terlihat lebih terang, Mars juga akan terlihat lebih besar dari biasanya.

Leave a Reply