Sering Lupa, Ini 10 Benda Yang Harus Kamu Jaga Kebersihannya

Benda Yang Harus Kamu Jaga Kebersihannya

Perkara bersih-bersih memang merepotkan, tapi mau gak mau harus kamu lakukan. Kamu mungkin saja rajin membersihkan rumah, tapi apakah itu sudah mencakup semua benda-benda yang sering kamu pakai? Berikut ini adalah benda-benda yang sering banget luput dibersihkan, padahal penting banget!

1. Smartphone yang kamu pegang setiap hari mengandung bakteri melebihi tempat duduk toilet loh!

Zaman sekarang hampir semua orang punya smartphone, mulai dari remaja hingga orangtua. Penggunaannya pun hampir setiap saat. Jadi wajar saja kalau smartphone milikmu terjangkiti banyak bakteri.

Untuk itu, jangan lupa bersihkan ya. Kamu bisa menggunakan kain mikrofiber dan alkohol lalu gosok perlahan. Jangan lupa melepas casing setiap minggu dan bersihkan kotoran yang terperangkap di sela-sela. Jadi, tunggu apa lagi? Kalau kamu baca artikel ini dari smartphone, jangan lupa setelah ini dibersihkan ya.

2. Papan tik laptop juga mengandung banyak kuman dari jari-jarimu

Sama seperti smartphone, papan tik laptop adalah benda berikutnya yang mungkin sering kamu gunakan. Terlebih jika kamu menggunakannya setiap hari untuk keperluan mengerjakan tugas atau bekerja. Selain membersihkannya dari debu-debu dengan alat penyedot khusus, kamu juga bisa mengelapnya dengan mikrofiber dan alkohol.

3. Selain seprei, jangan lupa bersihkan selimut, sarung bantal dan gulingmu

Kamu mungkin sudah tahu kalau seprei harus diganti dan dicuci seminggu sekali. Namun, jangan lupa selimut, sarung bantal dan gulingmu. Benda-benda ini menyerap banyak keringat dan minyak setiap kamu tidur. Belum lagi kalau kena air liur.

4. Remote control (pengendali jarak jauh), terutama buat kamu yang sering nonton TV dan menyalakan AC

Tombol-tombol timbul yang ada pada remote control pun perlu dibersihkan loh! Terus gimana cara membersihkannya? Jangan gunakan tisu basah untuk membersihkannya karena hanya akan membuat tombolnya rusak.

Daripada menggunakan itu, kamu bisa memakai cairan pembersih piring, air dan cuka untuk membersihkannya. Kamu bisa membersihkannya setiap minggu.

5. Kenop pintu, tombol lampu, pegangan tangga dan benda-benda yang sering dipegang oleh tangan di rumah juga perlu dibersihkan

Sesering apa pun kamu cuci tangan, itu gak akan cukup membuat benda-benda ini aman dari kotoran, terlebih jika ada anak kecil. Gampang kok, kamu hanya perlu membersihkannya tiap minggu dengan pembersih serba guna, tisu basah atau larutan cuka.

6. Handuk seharusnya diganti setiap tiga hari sekali loh! Sementara handuk tangan justru harus diganti setiap hari

Kalau kamu berpikir untuk membersihkannya setiap minggu, kamu perlu mengubah kebiasaan ini. Handuk perlu sering diganti karena mudah lembap. Sehingga, jadi tempat nyaman untuk bakteri bersarang.

7. Keset kamar mandi juga harus sering dibersihkan

Gak hanya perlu dibersihkan seminggu sekali, bahkan bisa kurang. Itu karena keset kamar mandi gak sepenuhnya kering setelah kamu gunakan. Belum lagi karena keset kamu taruh di lantai.

Jamur dan bakteri gampang sekali tumbuh. Meskipun, keset kamar mandimu berbahan karet di bawahnya, kamu pun tetap perlu mencucinya, setidaknya tiga minggu sekali.

8. Karpet juga perlu dibersihkan setiap minggu

Karpet harus lebih sering kamu bersihkan kalau banyak orang yang menghuni rumah. Selain itu, juga perlu kamu bersihkan setiap hari kalau karpet itu sering dilalui orang, seperti di ruang keluarga. Untuk lebih mudah, kamu bisa menggunakan pembersih debu.

9. Dompet dan tas ternyata harus kamu bersihkan tiap minggu juga loh!

Meski sepele, dompet dan tas juga perlu kamu bersihkan setiap minggu lho! Itu karena dompet menyimpan banyak barang kotor, seperti uang. Belum lagi kalau dompet atau tas tersebut sering kamu taruh di meja atau lantai. Kamu bisa membersihkannya tergantung dari bahan dan jenis pembuat dompet dan tasmu.

10. Spons pencuci piring wajib banget kamu cuci setiap hari

Meski digunakan untuk membersihkan peralatan makan, namun kamu juga perlu menjaga kebersihannya. Kamu perlu merendamnya dalam air panas dan bilas dengan sabun. Jangan lupa juga untuk menggantinya setiap minggu.

Leave a Reply