Sering Dijadikan Takjil, Ini 6 Fakta Unik Dari Buah Kurma

Buah Kurma

Kurma kerap diidentikkan dengan buah-buahan utama yang harus ada setiap berbuka puasa. Selain karena rasanya yang memang manis, kurma dipercaya bisa membuat tubuh menjadi lebih bertenaga karena kandungan gizi di dalamnya memang bagus untuk daya tahan tubuh.

Tak hanya dimakan langsung, kurma pun bisa diolah menjadi makanan atau minuman yang rasanya akan lebih nikmat dengan tambahan bumbu dan bahan lain.

Di balik kandungan gizi dan rasanya yang manis, berikut ini 6 dari sekian banyak fakta unik dari kurma yang cukup menarik untuk diketahui. Apa sajakah?

1. Buah yang awet dan tahan lama

Dari sekian banyak buah-buahan yang ada di muka bumi, kurma merupakan buah yang masa kadaluarsanya paling lama. Jika buah-buahan lain setelah masak jika tidak dimakan dalam waktu tertentu akan busuk, maka kurma bisa bertahan hingga 1 tahun lamanya.

Karena kurma memiliki kandungan air yang sedikit, maka tidak heran jika kurma merupakan buah yang awet dan tahan lama.

2. Meski manis tapi jarang dikerubungi semut

Ada gula ada semut. Pada umumnya, buah-buahan yang rasanya manis memang biasanya akan selalu dihinggapi oleh semut-semut.

Rupanya hal ini tidak berlaku dengan kurma yang meskipun digeletakkan begitu saja di sembarang tempat tidak akan dikerubungi oleh semut-semut. Kandungan kurma hampir sama dengan kandungan madu asli yang jarang dihinggapi semut meskipun berada di tempat terbuka.

3. Tiga butir kurma setara dengan satu piring nasi

Karena kurma mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh, kurma biasa disantap ketika berbuka puasa agar kondisi tubuh bisa tetap fit akibat seharian tidak mengonsumi makanan dan minuman.

Kandungan zat gula dan kalori yang besar dari kurma dipercaya bisa mengisi kembali energi yang hilang setelah berpuasa. Saat disantap ketika sahur, tiga buah kurma setara dengan satu piring nasi agar kebutuhan tubuh akan energi dan tenaga bisa terpenuhi.

4. Bisa dijadikan bahan sabun dan kosmetik

Agak mengejutkan memang, namun faktanya memang buah kurma ternyata bisa dijadikan bahan untuk membuat sabun dan kosmetik, terutama eyeliner. Kurma kering yang telah dihaluskan juga bisa menjadi bahan campuran untuk kopi sehingga rasa kopi bisa terasa lebih nikmat tanpa harus menambahkan gula.

5. Menormalkan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol

Dengan mengonsumi kurma secara teratur, dipercaya bisa menormalkan kadar gula darah yang tidak stabil akibat kurangnya asupan makanan setelah berpuasa. Selain itu, kurma bisa menurunkan kolesterol ketika asupan makanan yang masuk dalam tubuh saat berbuka puasa diisi dengan berbagai macam jenis makanan.

6. Sering dijadikan bekal bagi para pendaki untuk bertahan hidup

Karena bentuknya yang kecil-kecil dan praktis dibawa kemanapun, kurma sering dibawa oleh para pendaki gunung sebagai bekal makanan untuk bertahan hidup. Seseorang yang mengonsumsi kurma setiap hari memang bisa bertahan hidup lebih lama karena kandungan vitamin dan mineral kurma memang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari.

Jika sudah tahu fakta dan manfaat kurma, maka tak ada alasan lain untuk tidak menyantap kurma ketika berbuka puasa atau sahur. Yuk, jalankan puasa dengan niat ibadah.

Leave a Reply