Sepeninggal Cristiano Ronaldo, Ini Langkah Awal Real Madrid

Cristiano Ronaldo

Laga lawan Manchester United di pramusim menjadi langkah awal Real Madrid sepeninggal Cristiano Ronaldo. Madrid kalah tapi Julen Lopetegui tetap positif dan penuh apresiasi.

El Real tunduk 1-2 ketika berhadapan dengan MU di Hard Rock Stadium, Rabu (1/8/2018) pagi WIB. Laga di turnamen friendly pramusim International Champions Cup (ICC) 2018 itu menjadi partai pertama Real Madrid dalam persiapan menghadapi musim baru.

“Tim memperlihatkan karakter dan hal-hal positif. Tak ada cedera dan secara umum permainan tim dapat diterima. Ada aspek-aspek yang bikin kami gembira dan kini kami akan melangkah maju,” kata Lopetegui di RealMadrid.com.

“Kami semua ingin menang, tapi kuncinya bukan terletak pada hasil. Dalam fase persiapan seperti ini, kami ingin menyatukan pemahaman mengenai konsep. Buat mereka (MU) ini adalah laga kelima dan buat kami baru yang pertama. Kami sudah menghadapi pertandingan ini dengan baik, mereka cuma punya dua tembakan ke arah target,” tuturnya.

Lopetegui mulai menangani Madrid pada musim panas ini usai mengantar Spanyol lolos ke babak utama Piala Dunia 2018, tapi diberhentikan sebelum turnamen bergulir usai diumumkan bakal melatih Real Madrid. Lopetegui datang pada momen El Real ditinggal Cristiano Ronaldo sang megabintang klub selama beberapa musim terakhir. Lopetegui kembali menegaskan bahwa hal itu justru memberinya tantangan tersendiri.

“Kami memiliki tantangan untuk melahirkan kembali tim tanpa pemain macam Cristiano Ronaldo. Saya ingin membuat tim ini jadi lebih baik daripada sebelumnya,” katanya.

Lopetegui secara khusus juga mengapresiasi performa Gareth Bale dan pemain baru Madrid, Vinicius Junior. Keduanya main sedari menit awal ketika menghadapi The Red Devils.

“Skuat kami sarat dengan pemain luar biasa, termasuk Bale, dan kami ingin punya skuat yang oke dan kompak,” ucapnya.

“Ia (Vinicius) bermain bagus. Awalnya tampak sedikit canggung, tapi kemudian ia mampu unjuk kemampuan. Usianya masih amat muda dan harus mengadaptasikan gaya mainnya. Menurut saya ia bermain dengan bagus,” tutur Lopetegui.

Tanpa Ronaldo, Madrid Coba Maksimalkan Trio BBV

Real Madrid akan berlaga pertama kalinya tanpa Cristiano Ronaldo. Laga itu jadi kesempatan debut trio Karim Benzema, Gareth Bale, dan Vinicius Junior.

Ronaldo tak lagi berseragam Madrid musim depan setelah pindah ke Juventus awal bulan ini. Madrid pun harus mencari alternatif di lini depan sepeninggal Ronaldo yang selama hampir sedekade jadi mesin gol mereka.

Memang masih ada Bale dan Benzema yang selama ini jadi rekan Ronaldo di lini depan, tapi peran mereka berdua lebih banyak sebagai “pelayan” Ronaldo. Apalagi Bale banyak diganggu cedera dan Benzema tak lagi setajam dulu.

Kini Madrid di era Julen Lopetegui pun harus berpikir keras untuk mencari pengganti Ronaldo di saat bursa transfer menyisakan sekitar 2-3 pekan lagi sebelum tutup. Tapi, sebelum ada pemain baru di lini serang, Lopetegui pun harus memaksimalkan pemain yang ada.

Menurut laporan Marca, dalam sesi latihan selama 60 menit di Miami, Lopetegui tampak memasang Bale, Benzema, dan Vinicius di lini serang untuk persiapan menghadapi Manchester United, Rabu (1/8) pagi WIB, dalam rangkaian International Champions Cup 2018.

Ketiganya memang dimaksimalkan selama awal latihan pramusim ini dan sepertinya akan jadi trio penyerang Madrid sebelum kedatangan striker baru. Vinicius akan menggantikan peran Ronaldo di sisi sayap kiri dengan modal kecepatan, dribel, dan kegesitannya. Model main Vinicius saat ini mengingatkan publik pada Ronaldo ketika awal kariernya bersama MU.

Dalam formasi 4-3-3 itu, Dani Ceballos dan Marcos Llorente menopang dari lini tengah dibantu kuartet Alvaro Odriozola, Lucas Vallejo, Javi Sanchez, dan Theo Hernandez dengan Keylor Navas di bawah mistar. Tiga pemain inti lain seperti Nacho, Toni Kroos, Lucas Vazquez, dan Marco Asensio belum akan main penuh karena baru balik dari liburan.

Sementara itu, kapten Sergio Ramos baru akan kembali hari ini dari liburan panjangnya usai Piala Dunia. dia jadi satu-satunya pemain Spanyol yang tak memotong jatah liburannya.

Patut disimak seperti apa kerjasama Bale, Benzema, dan Vinicius di lini serang Madrid. Bukan tak mungkin ketiganya akan tampil menjanjikan asalkan Lopetegui bisa memaksimalkan potensi mereka masing-masing.

Leave a Reply