Senator AS John McCain Meninggal Di Usia 81 Tahun Karena Kanker Otak

John McCain

Senator Amerika Serikat (AS), John McCain, pahlawan perang Vietnam dan mantan calon presiden AS, telah meninggal pada usia 81 tahun.

McCain meninggal pada Sabtu 25 Agustus 2018 waktu setempat, dikelilingi oleh keluarganya, menurut pernyataan singkat yang dikeluarkan oleh kantornya, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (26/8/2018).

Ia didiagnosis dengan tumor otak ganas pada Juli 2017 dan telah menjalani perawatan medis.

Keluarganya mengumumkan, McCain, yang meninggalkan pekerjaannya di Washington DC pada Desember untuk menjalani perawatan, telah memutuskan untuk menghentikan pengobatan medis pada Jumat 24 Agustus 2018.

Putri John McCain, Meghan, mengatakan tugas seumur hidupnya sekarang adalah “untuk menghidupkan teladan, harapan, dan cintanya” terhadap sang ayah.

“Hari-hari dan tahun-tahun mendatang tidak akan sama tanpa ayah saya – tetapi itu akan menjadi hari-hari yang baik, penuh dengan kehidupan dan cinta, karena teladan yang dia jalani untuk kita,” tulisnya dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Twitter.

Senator untuk enam periode pemerintahan dan mantan kandidat presiden dari Partai Republik untuk Pilpres AS 2008, didiagnosis dengan penyakit tumor ganas setelah dokter menemukannya dalam sebuah operasi untuk menghilangkan gumpalan darah dari atas mata kirinya pada Juli 2017.

Putra dan cucu dari seorang Laksamana Angkatan Laut, John McCain adalah seorang pilot pesawat tempur US Navy selama Perang Vietnam. Ketika pesawatnya ditembak jatuh dalam peperangan, ia menghabiskan lebih dari lima tahun sebagai tawanan perang –di mana ia menerima siksaan dari pasukan musuh, yang membuatnya cacat seumur hidup. Selepas perang, ia menerima Silver Star, penghargaan militer keempat teratas bagi personel AL AS (tiga level di bawah Medal of Honor atau Medali Kehormatan, penghargaan tertinggi bagi militer AS) –menjadikannya sebagai salah satu war hero atau pahlawan perang Amerika.

Leave a Reply