Semua Video Tantangan Makan Deterjen Atau Tide Pod Challenge Dihapus Youtube

Awal tahun 2018, internet diramaikan dengan tantangan maut memakan deterjen di media sosial yang terkenal dengan nama ‘Tide Pod Challenge’.

Karena aksi para pelaku tantangan tersebut sangat membahayakan hingga berpotensi mematikan, situs video YouTube kini mengambil langkah untuk menghapus semua video yang berisi orang-orang dengan sengaja memakan deterjen.

Pengelola YouTube berkata mereka akan bergerak cepat menghapus video-video yang telah ditandai melanggar aturan.

“Pedoman Komunitas YouTube melarang adanya konten yang memiliki tujuan untuk mendorong kegiatan yang membahayakan yang berisiko menyebabkan kerugian fisik,” kata YouTube dalam sebuah pernyataan.

Video berisi konten Tide Pods Challenge tersebut dihapus setelah ditandai oleh para pengguna YouTube. Sementara, channel YouTube yang mengunggah video akan dibekukan untuk sementara waktu dan mungkin juga akunnya akan ditutup.

Untuk video yang mengandung unsur Tide Pods Challenge dalam bentuk berita atau pendidikan dan sosialisasi mengenai bahayanya, masih diperbolehkan.

Komisi Keamanan Produk Konsumen di Amerika Serikat, telah memberikan peringatan pada tahun 2013 bahwa cairan atau kapsul untuk mencuci baju mengandung “deterjen beracun yang sangat pekat”.

Jika seseorang mengkonsumsi produk tersebut, ia bisa mengakibatkan luka, termasuk luka bakar, kehilangan kesadaaran, muntah yang berlebihan dan sulit bernafas.

Berdasarkan data dari American Association of Poison Control Centers, hampir sebanyak 220 remaja dilaporkan telah terkena kapsul deterjen dan sekitar 25 persennya, dilakukan dengan sengaja.

Hingga minggu kedua tahun 2018, telah tercatat ada 37 kasus yang terjadi di kalangan remaja, dan setengahnya memang sengaja memakan detergen.

Leave a Reply