Selain Tidur, Ini 5 Cara Agar Kuat Puasa Walau Tanpa Sahur

Sahur

Setiap bulan Ramadhan, kita selalu rutin melakukan aktivitas sahur. Meski terkadang berat untuk melakukannya karena dilanda rasa ngantuk, sebisa mungkin kita jangan melewatkan aktivitas ini. Selain bisa menambah energi hingga sehari penuh, sahur merupakan sesuatu yang dianjurkan. Bahkan nabi Muhammad SAW mengajurkan agar melakukan sahur di akhir waktu agar bugar saat menjalani ibadah puasa. Sebagaimana sabda Nabi:

“Sahur itu suatu berkah. Maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan meneguk seteguk air, karena sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat atas orang yang bersahur.” [HR. Ahmad]

Rasa malas bahkan imsomnia terkadang membuat kita tertidur dan melewatkan aktivitas sahur. Alasan inilah yang membuat kita tidak berpuasa karena khawatir tidak akan kuat menjalani puasa sehari penuh. Nah, kali ini ShopBack akan memberikan tips agar puasa kamu kuat meski tanpa sahur. Yuk, terapkan beberapa hal berikut ini!

1. Mantapkan niat

Jika kamu sudah terlanjur melewatkan sahur, satu-satunya hal yang wajib kamu lakukan adalah niat. Tanamkan dalam hati bahwa kamu ikhlas untuk melakukan ibadah puasa sehari penuh meski tidak melakukan sahur. Niat yang kuat akan membantu kamu berpikir positif bahwa kamu pasti bisa menjalani puasa. Allah SWT juga akan menolong hambanya yang ikhlas dalam menjalankan perintah-Nya.

2. Perbanyak ibadah

Sudah bukan rahasia lagi jika bulan ibadah, semua amaal ibadah dilipatgandakan oleh Allah SWT. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk mengalihkan rasa lapar dan dahagamu. Saat lapar melanda, cobalah berdzikir serta lakukan amalan-amalan sunnah lainnya seperti Shalat Dhuha, membaca Al Qur’an, maupun sedekah. Ketika kamu ibadah, maka puasa kamu akan terasa lancar. Selain rasa laparmu teralihkan, melaakukan ibadah jelas memberikanmu ketenangan hati karena Allah merahmati setiap hambanya yang beribadah di bulan Ramadhan.

3. Cari kesibukan

Jangan beralasan karena kamu tidak sahur, lantas kamu bermalas-malasan dan hanya tidur seharian. Tidurnya orang berpuasa memang bernilai pahal, namun jangan jadikan ini sebagai kunci agar kamu tidur seharian. Tidur seharian akan membuat kepala terasa berat. Sibukkan diri kamu dengan aktivitas bermanfaat. Bisa dengan membaca buku, menghadiri majelis taklim dan berbagi inspirasi dengan orang lain. bertemu dengan orang lain akan membuat rasa laparmu teralihkan.

4. Jangan lakukan pekerjaan berat

Berkerja sambil melaksanakan puasa merupakan ibadah di sisi Allah SWT. Bagi yang berkeja di ruangan ber-Ac, mungkin puasanya tidak akan terpengaruh, namun bagi yang bekerja di sektor yang berat hal ini merupakan tantangan tersendiri.Jika memang dirasa puasa terasa memberatkan bagi kamu yang bekerja di sektor berat, membatalkan puasa diperbolehkan selama memiliki alasan yang syar’i, misalnya takut mendzolimi tubuhnya akibat rasa lapar dan dahaga yang tak terhankan.

5. Ingat manfaat yang akan kamu dapatkan dari puasa

Puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga. Banyak hikmah puasa yang ada dibalik puasa. Misalnya puasa menjadikan seseorang menjadi lebih bertakwa, melatih kesabaran dan mengelola emosi serta puasa mampu membersihkan hati. Dari segi kesehatan, puasa menjadi momen detoksifikasi tubuh agar pencernaan lebih bersih dan lancar. Cobalah tekadkan dalam hati bahwa puasa memiliki keistimewaan tersebut. Maka puasa kamu akan lancar.

Leave a Reply