Selain Berwisata, Nikmati Juga 4 Makanan Khas Dari Danau Toba Ini

Berwisata ke Danau Toba, traveler tak hanya bisa menikmati keindahan panomaramanya saja. Coba cicipi aneka hidangan kuliner khas daerah setempat yang identik dengan bumbu andaliman.

Traveler yang bukan keturunan orang Batak pasti asing dengan citarasa kuliner dari Sumatera Utara. Tapi hidangan kulinernya masih enak dinikmati dan nyaman bagi lambung.

Yang membedakan hanyalah rempah andaliman dengan wangi lemon yang khas dan sedikit pedas mirip merica. Baru pertama mencoba, awas jatuh cinta dengan bumbu itu.

Bahkan saat pelesiran di Danau Toba, kamu bisa berburu kuliner serba andaliman yang unik.

Pizza andaliman

Pizza andaliman

Seporsi pizza andaliman dengan topping sosis sapi, jagung, wortel, keju dan mayones andaliman berukuran besar bisa dimakan beramai-ramai. Uniknya makan pizza ini dengan tambahan cocolan saus andaliman. Pedasnya nendang dan getir rempah ini terasa nikmat. Lidah bergoyang seolah tak mau menelan pizza itu. Rempah andaliman yang kuat menjadi bumbu yang menjadi ciri khas dari pizza itu. Dua potong pizza sudah cukup mengenyangkan perut saat itu. Usai makan dan kembali pulang ke Jakarta, rasanya masih teringat di benak hingga kini.

Ikan goreng sambal andaliman

Ikan goreng sambal andaliman

Di perairan Danau Toba banyak lokasi budidaya ikan air tawar seperti mujair. Tak heran jika kamu banyak menemukan warung makan yang menawarkan sajian ikan goreng dengan sambal andaliman. Ikannya cenderung gurih dan tidak amis. Ditambah makannya dengan nasi panas dengan sambal andaliman sebagai pelengkap. Sangat pas sekali, apalagi dimakan saat perut lapar. Bahkan rasanya nagih dan setiap makan berat, pasti mencari ikan goreng dengan sambal andaliman.

Mi gomak

Mi gomak

Kalau lapar di pagi hari, tak ada salahnya sarapan dengan menu mi gomak. Lagi-lagi rempah andaliman mampu menyihir lidah dan mengenyangkan perut selama liburan ke Danau Toba. Mi gomak yang mantap juga membuat kita ketagihan. Cara penyajiannya bisa dimasak menjadi mi gomak goreng atau rebus, keduanya sama-sama nikmat. Biasanya orang di sekitar Danau Toba menyantap mi gomak sebagai menu sarapan setiap pagi.

Lobster tawar

Lobster tawar

Kalau sudah bosan mencicipi kuliner dengan bumbu utama andaliman, kamu bisa mencoba lobster tawar asam manis. Sajian hidangan ini benar-benar pas menjadi menu santap siang. Ukuran kecil lobster yang menyerupai udang jarang kita temui di tempat lain. Bumbunya identik dengan saus yang ditambahkan rempah jahe pedas. Agar makin mantap, tambahkan sambal andalimannya. Benar-benar membuat rongga mulut penuh makanan yang tak mau berhent mengunyah. Apalagi ditambah nasi panas dan tumis kangkung, nikmatnya tiada dua!

Leave a Reply