Sarapan Dengan Roti Panggang? Dapatkan 4 Manfaat Ini

Roti Panggang

Selain nasi, roti menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia untuk sarapan. Tak hanya lebih praktis dalam penyajiannya, roti juga sering disantap sebagai pengganti nasi bagi mereka yang sedang diet.

Pilihan untuk menyantap roti di pagi hari ada dua, yakni roti panggang atau cukup dioleskan dengan mentega dan topping lainnya. Tahu kah Anda kalau menyantap roti panggang, selain rasanya lebih enak, juga menyehatkan.

Berikut beberapa manfaat roti panggang jika ditilik dari nutrisi yang dikandung, melansir dari Times of India, Kamis (28/6/2018).

Baik untuk penderita diabetes

Studi yang diterbitkan European Journal of Clinical Nutrition pada Mei 2018 mengungkapkan, roti panggang punya indeks glikemik yang lebih rendah. Sebagai informasi, indeks glikemik menghitung efek makanan terhadap kadar gula dalam darah.

Selain itu, memanggang roti juga dapat menurunkan kadar lemak. Meski tidak turun secara drastis, tetap akan terasa perbedaannya jika rutin mengonsumsi roti di pagi hari.

Bagus untuk penderita diare

Roti ini adalah makanan yang baik untuk membantu orang yang sedang menderita diare. Roti ini diklaim dapat memadatkan massa tinja sehingga diare perlahan-lahan sembuh. Kombinasi makanan berupa roti panggang, nasi, pisang, dan saus apel sangat sempurna untuk menyembuhkan diare.

Menambah energi

Roti panggang mengandung pati yang baik tanpa indeks glikemik yang tinggi. Pati diketahui sangat baik untuk meningkatkan energi Anda. Karena itu, mengonsumsi roti ini untuk sarapan adalah cara yang baik untuk memulai hari.

Mengusir mual

Salah satu cara mengatasi mual yang tidak banyak diketahui orang adalah dengan mengonsumsi roti panggang. Milk toast atau roti panggang yang ditambah dengan susu adalah cara efektif untuk mengatasi mual-mual.

Caranya dengan mengonsumsi roti ini yang diolesi mentega lalu dilanjut dengan minum susu. Tetapi, cara ini tidak baik bagi perut apabila Anda sedang menderita flu karena produk turunan dari susu tidak bereaksi dengan baik bagi tubuh.

Meski mengandung beberapa manfaat, roti ini juga memiliki kekurangan. Satu potong roti tawar mengandung 5% dari asam folat dan tiamin harian yang direkomendasikan, sementara roti panggang hanya mengandung 4%. Roti panggang juga memiliki kandungan vitamin B yang lebih sedikit dibandingkan roti tawar.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir. Jika ingin menyantap roti ini di pagi hari, ada baiknya tidak mengonsumsi yang dipanggang terlalu pekat. Roti cukup dipanggang hingga berwarna kecokelatan saja. Selain itu, Anda juga bisa memilih roti multigrain, yakni roti yang terdiri dari setidaknya 3 biji gandum berbeda.

Leave a Reply