Sakit Leher Karena Lelah Bermain Gadget? Ini 4 Cara Mengatasinya

Sakit Leher

Sakit leher memang kerap menghantui banyak orang. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya sakit leher, salah satunya adalah terlalu sering menunduk dan menatap layar ponsel Anda. Di luar negeri penyakit seperti ini kerap disebut sebagai text neck.

Sebagaimana diketahui smartphone dan beberapa gadget pintar lainnya telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan. Text neck bisa menjadi masalah serius jika didiamkan berlarut- larut.

Istilah text neck pertama kali diciptakan oleh Dr. D L Fishman, seorang chiropractor AS. Penyakit ini terjadi ketika Anda menekuk leher ke bawah untuk melihat ponsel yang dapat menyebabkan nyeri punggung bagian atas, sakit kepala, nyeri bahu dan migrain.

Sebenarnya kebiasaan ini tidak akan menjadi masalah berarti. Namun, penyakit ini akan muncul secara tiba-tiba, jika Anda terlalu sering melakukan hal ini dalam waktu yang cukup lama dan sering. Masalah lainnya adalah para pengguna smartphone justru tidak menyadari hal ini.

Mereka menganggap bahwa penyakit yang dideritanya disebabkan karena gaya tidur yang salah (salah bantal). Anak muda yang kecanduan ponsel berpotensi mengalami kerusakan permanen pada tulang leher mereka. Hal ini dapat menyebabkan masalah nyeri leher seumur hidup. Demikian dilansir dariĀ Times of India.

Gejala-gejala paling umum dari text neck adalah nyeri leher. Rasa sakit ini selanjutnya dapat menyebabkan masalah punggung bagian atas yang parah serta kejang otot. Nyeri dan sesak di bahu, dapat menyebabkan spasme otot bahu. Nyeri juga bisa turun dari bahu ke lengan dan tangan.

Arthritis pada leher adalah masalah serius lainnya yang disebabkan oleh text neck. Tak hanya itu, text neck juga dapat menimbulkan masalah lain seperti: kapasitas paru-paru menurun, kelemahn otot, degradasi tulang belakang, radang sendi, kompresi disk dan meratakan kyphosis toraks.

Leave a Reply