Roti Unyil, Roti Khas Bogor Yang Sudah Menjadi Legenda

Roti Unyil
Jalan-jalan ke Kota Bogor kurang rasanya jika tak mampir atau membeli oleh-oleh khas Kota Hujan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Nah, di Bogor banyak sekali kudapan enak yang bisa dijadikan oleh-oleh, salah satunya adalah Roti Unyil berpusat di Ruko V-Point Jl. Pajajaran yang berlokasi di samping Plaza Ekalokasari Bogor.

Roti Unyil atau yang dikenal juga dengan nama Roti Venus ini telah didirikan sejak tahun 1992 oleh kakak beradik Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja.

Istilah ‘unyil’ sendiri tidak terbentuk begitu saja, Hendra Saputra, sang kreator dan pemilik toko Venus Bakery awalnya melakukan survei roti apa yang diinginkan oleh pasar, sampai kemudian beliau membuat roti dengan ukuran tidak lebih dari 5 cm sehingga bisa dengan mudah habis dalam sekali lahap.

Dari sini kemudian konsumen mulai berdatangan dan secara perlahan roti ini sudah dikenal dimasyarakat dengan dengan nama Roti Unyil dimana besar rotinya diidentikkan dengan karakter si unyil yang populer.

Roti Unyil memiliki 25 puluh varian rasa diantaranya, roti coklat, pisang keju, sosis keju, sosis, srikaya, nanas, fla coklat, baso, abon, daging asap, jagung dan sebagainya. Walau kecil namun kelezatannya tidak kalah dengan roti besar lainnya. Limpahan isi terlihat sampai keluar dari roti yang membuat pembeli bakal tergiur untuk menyantapnya.

Selain menu utama Roti Unyil, ada jajanan lain yang juga bisa Anda nikmati diantaranya keset atau roti sobek, pia dan donat. Setiap hari toko Roti Unyil ini buka pukul 05:30-21:00 WIB.

Namun, biasanya kalau menjelang sore, varian yang tersedia sudah mulai menipis. Untuk itu, disarankan bagi kalian agar datang pagi atau siang hari. Apalagi menjelang libur akhir pekan, kamu harus bersiap mengantri panjang untuk mendapatkan sekotak Roti Unyil.

Leave a Reply