Rob Jones: Microtransaction Adalah Realita Dunia Video Game Saat Ini

Microtransaction

Pemerintah Belgia yang mengeluarkan peraturan ketat yang akhirnya memblokir sistem layanan Loot Boxes berbayar dalam suatu video game. Hal ini pasti akan menjadi sebuah pukulan telak bagi para publisher yang sangat menggantungkan mata pencaharian mereka dari Microtransaction.

Publisher 2K merupakan satu dari sekian publisher yang sepertinya paling ingin berusaha untuk menegosiasikan kembali putusan pihak pemerintah Belgia tersebut. Bahkan mereka sampai meminta tolong kepada para playernya untuk memohon dan mengkomunikasikan hal ini kepada pemerintah setempat bahwa loot boxes berbayar bukanlah suatu hal yang negatif.

Seperti dilansir dari Trusted Reviews, menurut Rob Jones, Producer NBA 2K19, microtransaction dalam video game saat ini merupakan sebuah realita yang mau tidak mau harus Anda hadapi.

“Semua game dalam beberapa situasi tertentu pastinya memiliki semacam bentuk “peredaran”. Dan mereka selalu ingin mencari setitik “hasil tambahan” dari setiap gamer yang memainkan game tersebut. Yang menjadi pembeda adalah bagaimanakah cara agar hal ini dapat terlihat sebagai suatu bentuk nilai tambah dari sebuah game, ketimbang dianggap sebagai bentuk perampasan?” ujar Jones.

“Coba kita lihat, ada banyak sekali orang yang mulai tidak sabar dalam menjalankan progress game mereka. Mereka selalu ingin segalanya ada secara langsung. Karena itulah, kami melihat ini sebagai bentuk peluang agar mereka bisa melewati progress grind-nya dengan cepat.” tambahnya.

Bukan hanya itu, Rob juga tidak lupa menegaskan bahwa microtransaction yang ada di pada gamenya hanyalah akan menjadi sebuah pilihan semata, bukan menjadi paksaan bagi para gamer. Dan dirinya juga berharap agar para pemain bisa mengerti dan mempertimbangkan baik-baik hal tersebut.

“kami sangat berharap dengan mengadiahi Anda banyak fitur di seri NBA terbaru kami ini, kalian tidak perlu lagi untuk merasa dipaksa dalam membeli banyak VC (Virtual Currency) yang tidak terlalu Anda butuhkan. Apalagi sampai merasa kerampokan dengan hal-hal yang kami tawarkan, karena pada kenyataannya kalian bisa mendapatkan semuanya hanya dengan bermain saja.”

“Saya merasa masalah terbesar pada seri NBA 2K tahun kemarin adalah banyak dari mereka yang tidak mengerti tujuan yang harusnya mereka fokuskan dalam bermain. Terutama lewat banyaknya VC yang dihambur-hamburkan untuk hal yang sama sekali tidak diperlukan oleh mereka.”

Leave a Reply