Rencana Belajar Di Luar Negeri? Ini 5 Negara Favorit Pelajar Indonesia

belajar di luar negeri

Apakah Anda berniat melanjutkan belajar di luar negeri? Belajar di luar negeri sudah banyak dipilih oleh sebagian orang untuk menunjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Terlebih, kemajuan pendidikan dan teknologi di luar negeri jauh lebih terdepan daripada di dalam negeri.

Ketika belajar di luar negeri, akan mendorong seseorang untuk menjadi sosok yang lebih mandiri. Artis Indonesia pun banyak yang menempuh pendidikan di luar negeri, di antaranya Tasya Kamila, Vidi Aldiano, dan Maudy Ayunda.

Dari banyaknya negara di dunia, ada lima negara yang paling banyak diminati oleh pelajar Indonesia.

1. Singapura

Singapura menjadi negara paling dekat dari Indonesia yang banyak dipilih pelajar Indonesia untuk belajar di luar negeri. Selain perekonomian Singapura yang jauh lebih baik dari Indonesia, kulaitas pendidikan di Singapura memang lebih baik. Bahkan, Singapura menjadi salah satu negara di Asia yang meraih peringkat tinggi dalam daftar universitas terbaik di dunia. Kampus yang paling dituju pelajar di Singapura ada National University of Singapore dan Nanyang Technology University.

2. Inggris

Inggris memang memiliki kualitas pendidikan yang tidak diragukan lagi. Contohnya, Cambridge University dan Oxford University, dua kampus yang sudah legendaris yang menurut data dari Times Higher Education, tiga dari 10 universitas terbaik dunia ada di Inggris.  Salah satu yang menjadi daya tarik kenapa pelajar Indonesia memilih Inggris adalah negara ini terdiri dari penduduk yang beragam etnis serta budaya.

3. Jerman

Selain menjadi negara incaran para wisatawan, Jerman juga menjadi negara yang diburu para pelajar Indonesia. Jerman kerap kali menawarkan berbagai program beasiswa yang diperuntukan bagi Indonesia. Beasiswa DAAD misalnya, beasiswa ini dibuka secara umum bagi negara di kawasan Asia, Afrika, Eropa Timur, dan Amerika Latin. Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan sekolah  dalam jurusan teknik, Jerman adalah pilihan yang tepat. Kemajuan ilmu teknologi di negeri ini sudah diakui oleh dunia.

4. Australia

Setiap tahunnya jumlah pelajar yang menuntut ilmu di Australia selalu meningkat. Selain kualitasnya yang baik, jaraknya yang dekat dari tanah air juga menjadi salah satu alasan kenapa negara Kangguru ini dipilih oleh orang-orang Indonesia untuk belajar.

5. Amerika Serikat

Harvard dan Yale adalah kampus paling bergengsi di negeri Paman Sam tersebut. Pendidikan di Amerika tidak perlu diragukan lagi. Beragam jurusan pendidikan tersedia pada kampus-kampus di sana. Jurusan bisnis dan manajemen menjadi jurusan yang paling diminati oleh pelajar Indonesia.

Leave a Reply