Real Madrid Kalahkan Numancia 3-0, Zidane Terpuaskan

Real Madrid berada satu kaki di babak perempatfinal. Menysul kemenangan 3-0 di markas Numancia dalam pertandingan leg I babak 16 besar.

Bertanding di Stadion Los Pajaritos, Jumat (5/1/2018) dinihari WIB, Madrid menurunkan banyak pemain pelapis. Nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Toni Kroos, Sergio Ramos, Marcelo pun tidak ada dalam skuat tapi Gareth Bale dipasang sebagai starter.

Numancia tampil dengan cukup berani sehingga bisa relatif mengimbangi Madrid. Los Blancos diuntungkan dengan dua hadiah penalti di masing-masing babak yang dikonversi Bale dan Isco, juga kartu merah pemain tuan rumah. Di masa injury time, Borja Mayoral melengkapi kemenangan El Real dengan melahirkan gol ketiga.

Dengan hasil ini, Madrid hanya butuh minimal hasil seri untuk lolos. Pertandingan leg kedua yang akan dipanggungkan di Santiago Bernabeu pada pekan depan.

Jalannya Pertandingan

Madrid mengambil insiatif serangan lebih dahulu, namun Numancia yang mendapatkan peluang bersih pertama. Diawali dari kesalahan Kiko Casilla, Higinio Marin mengalahkan penjagaan Theo Hernandez sebelum melepaskan tembakan dari dalam yang melebar tipis dari gawang Madrid.

Madrid merespons di menit ke-17. Umpan silang Gareth Bale ke kotak penalti Numancia dikejar Marco Asensio, tapi pada akhirnya gagal menjangkau bola.

Pressing tinggi Madrid membuat Numancia kewalahan. Saat pertandingan bergulir 30 menit, Asensio mengirim umpan silang kepada Borja Mayoral di tiang jauh. Namun, Mayoral tampak tidak siap sehingga sepakannya melambung tinggi.

Semenit kemudian, Numancia mengklaim penalti setelah Dani Nieto dijatuhkan Theo Hernandez di kotak Madrid. Tapi wasit tidak menganggapnya pelanggaran.

Di menit ke-34, wasit akhirnya menunjuk titik penalti di kotak Numancia menyusul pelanggaran terhadap Lucas Vazquez. Bale maju sebagai eksekutor yang sukses mengirim Munir ke arah yang salah. Madrid memimpin 1-0, yang bertahan sampai turun minum.

Madrid nyaris memperbesar skor setelah restart. Dari sepak pojok di sayap kanan, Nacho Fernandez mencoba menyepak dari jarak dekat tapi justru luput usai melanggar pemain lawan.

Saat tertinggal, Numancia justru kehilangan seorang pemainnya. Diamankan diacungi kartu merah (kartu kuning kedua) setelah menginjak Nacho Fernandez di menit ke-60.

Numancia tetap mampu bikin peluang. Delapan menit kemudian, Higinio mengalahkan Carvajal di udara untuk menyambut bola dengan sundulan tapi masih melebar.

Skor nyaris seimbang di menit ke-77. Kesalahan Mateo Kovacic membuat bola bisa dikuasai Numancia. Pemain pengganti Inigo Perez melepaskan sepakan jarak jauh yang melambung melewati atas Casilla, tapi bola membentur mistar gawang.

Kurang dari 10 menit berselang, Isco melewatkan peluang memperbesar keunggulan Madrid. Kerjasama satu-dua dengan Asensio menempatkan Isco dalam posisi bagus untuk menembak di depan gawang Numancia. Tapi sepakannya justru melambung tinggi.

Penalti lagi untuk Madrid setelah Lucas Vazquez dijatuhkan Gutierrez di menit ke-88. Sebagai algojo, Isco melepaskan sepakan keras yang bersarang di sudut atas jala gawang Numancia dan mengubah skor menjadi 2-0.

Numancia sudah terpukul. Di masa injury time, Madrid melengkapi kemenangannya menjadi 3-0 lewat sundulan Borja Mayoral hasil memaksimalkan umpan silang Achraf Hakimi.

Susunan Pemain

NUMANCIA: Munir Mohamedi, Ripa (Luis Valcarce 20′) (Mateu 46′), Unai Medina, Carlos Gutierrez, Dani Calvo, Diamanka, Grego Sierra (Inigo Perez 63′), Dani Nieto, Pablo Larrea, Pere Milla, Higino Marin

REAL MADRID: Casilla, Nacho, Dani Carvajal, Jesus Vallejo, Hernandez, Lucas Vazquez, Marcos Llorente, Asensio (Hakimi 88′), Ceballos (Isco 64′), Bale (Kovacic 61′), Borja Mayoral

Zidane Puas Dengan Performa Madrid

Real Madrid mengalahkan Numancia 3-0 di leg pertama babak 16 besar Copa del Rey. Pelatih Zinedine Zidane senang betul mengingat ia tidak menurunkan tim inti.

Madrid bertandang ke Estadio Los Pajaritos, Jumat (5/1/2018) dengan sejumlah pemain lapis kedua. Mulai dari kiper Kiko Casilla, bek Jesus Vallejo, gelandang Marcos Llorente, hingga striker Borja Mayoral diturunkan.

Dengan komposisi pemain seperti itu, Madrid rupanya cukup kerepotan. Numancia bisa menyulitkan Los Blancos meski tim tamu unggul 1-0 saat istirahat lewat penalti Gareth Bale.

Di babak kedua, Numancia harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit 60 usai Pape Diamanka mendapatkan kartu kuning keduanya. Madrid pun bisa menambah dua gol lagi lewat penalti Isco serta gol Borja Mayoral di masa injury time.

“Saya sangat senang karena kami bisa meraih hasil yang bagus pada akhirnya. Ini bukan tempat yang mudah, mereka bermain bagus dan merepotkan kami, tapi kami meraih hasil bagus,” Zidane mengatakan seperti dikutip dari ESPN.

“Kebanyakan dari mereka adalah pemain yang jarang tampil. Di babak kedua, kami punya beberapa masalah, terutama ketika lawan harus bermain dengan 10 orang. Tapi secara keseluruhan, saya senang.”

“Kami bisa mencetak tiga gol, tetap clean sheet, jadi saya sangat senang untuk mereka yang bermain,” Zidane mengatakan.

Leave a Reply