Raihan Medali Emas Kontingen Indonesia Lewati Rekor Asian Games 1962

Asian Games

Perhelatan Asian Games Jakarta–Palembang 2018 telah memasuki hari kesembilan atau tepatnya pada Senin (27/8/2018). Dari sembilan hari tersebut, Indonesia mampu meraih beberapa medali, baik itu perunggu, perak, dan juga tentunya emas. Akan tetapi, jika berbicara tentang perolehan medali, maka ada fakta menarik di Asian Games 2018 ini.

Hal menarik tersebut adalah Indonesia berhasil melewati perolehan medali emas mereka di Asian Games 1962. Seperti yang diketahui, pada 1962 itu, Indonesia juga ditunjuk sebagai tuan rumah ajang olahraga multievent terbesar se-Asia.

Pada ajang yang dilakukan 56 tahun yang lalu itu, Indonesia mampu mengumpulkan 11 medali emas, 12 perak, dan 28 perunggu. Pencapaian yang diraih oleh para atlet Tanah Air yang tampil di 1962 tersebut, membuat Indonesia mampu menempati posisi kedua klasemen umum Asian Games 1962.

Setelah beberapa puluh tahun berlalu, Indonesia kembali dipercayakan untuk menjadi tuan rumah ajang besar seperti itu. Sejak menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia pun langsung menargetkan banyak medali untuk diraih.

Ternyata, target Indonesia untuk melewati jumlah medali emas pada 1962 pun terkabulkan. Di mana mereka pada Minggu 26 Agustus 2018, berhasil mengamankan dua medali emas dari cabang olahraga (cabor) karate yang diwakili oleh Rifky Ardiansyah Arrosyid dan di balapan jet ski yang dipersembahkan oleh Aqsa Sutan Aswar.

Dengan tambahan dua medali emas tersebut, Indonesia pun berhasil melewati jumlah prestasi yang sudah mereka lakukan 56 tahun lalu. Target kontingen Indonesia untuk finis di delapan besar serta meraih 16 medali emas itu pun tampaknya akan terwujud karena Asian Games 2018 masih menyisakan beberap hari lagi.

Leave a Reply