A Quiet Place, Tidak Mengeluarkan Suara Untuk Bertahan Hidup

A Quiet Place

John Krasinski muncul dengan film terbarunya: A Quiet Place, di mana ia beradu akting dengan istrinya, Emily Blunt. Menampilkan monster menyerupai hewan, film bergenre horrorthriller ini mempertontonkan kesunyian yang mencekam.

Keheningan yang membikin teror di A Quiet Place ini sudah bisa dinikmati para penonton Tanah Air. Bioskop CGV Blitz menayangkan film horor ini sejak Selasa (3/4/2018).

Pada masa pasca-apokaliptik, sebuah keluarga tanpa nama tinggal di daerah pedesaan New York. Mereka harus menjalani hidup dengan keheningan karena diburu alien yang super cepat. Karenanya, untuk dapat bertahan hidup sebuah keluarga harus tak bersuara sama sekali. Jika ada yang mengeluarkan suara, mereka akan mati.

Krasinski dan Blunt berperan sebagai orang tua untuk dua anak kecil: bocah laki-laki yang sangat ketakutan dan seorang gadis remaja pemberontak yang terus-menerus frustrasi. Rasa frustrasi gadis itu bisa jadi karena ia selama hidupnya tidak pernah dibiarkan berteriak ataupun berisik sedikit pun.

Seperti tampak dalam trailer-nya, keluarga kecil Krasinski ini dapat bertahan hidup lebih lama daripada tetangga mereka berkat pengetahuan bahasa isyarat yang dimiliki. Sebagian besar dialog di keluarga ini pun dilakukan dengan menggunakan bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

Sekuat apapun kemampuan anggota keluarga ini bertahan tanpa suara, hidup mereka tetap terancam bahaya. Ini diperparah dengan kondisi Blunt yang tengah mengandung bayi. Proses melahirkan dan bayi baru lahir tidak dapat dengan mudah masuk ke dunia yang sunyi.

Mengutip Vanity Fair, keberhasilan A Quiet Place terlihat dari cara pasangan Blunt dan Krasinski menuangkan ketakutan mereka tentang membesarkan anak-anak ke dalam aksi thriller ini.

“Seperti halnya film horor yang paling sukses, A Quiet Place memiliki lebih banyak hal untuk dikatakan tentang manusia daripada monster-monsternya. Terutama diinvestasikan dalam cara-cara keluarga ini gagal untuk berkomunikasi, kebutuhan paling mendasar mereka satu sama lain.”

Peran sebagai sutradara sudah dijalankan Krasinski lewat dua filmnya sebelum ini: film independen komedi-keluarga The Hollars dan Brief Interviews With Hideous Men. Ia tidak pernah bekerja dengan materi yang menampilkan sesuatu yang menakutkan daripada penderitaan psikologis orang biasa.

“Saya bahkan tidak melihat banyak film horor,” ungkap Krasinski dalam wawancara dengan Vulture.

A Quiet Place bagaimanapun, tutur Krasinski, memberinya kesempatan untuk mengatasi beberapa masalah yang secara pribadi dapat membangkitkan rasa takut. Sebab, gagasan dalam film horor ini baru muncul kemudian saat Blunt, istrinya, tengah mengandung anak kedua mereka.

“Hari-hari awal menjadi orang tua itu menakutkan, berharap Anda dapat menjaga anak Anda tetap hidup dan aman. Jadi tema film itu hadir dalam hidup saya ketika saya sedang membaca naskah,” ungkap Krasinski.

“Saya pikir saya bisa mengambil materi di suatu tempat yang secara emosional menarik dan membuatnya benar-benar menakutkan.”

Leave a Reply