PUBG Corp Tuntut Developer Game Rules of Survival?

PlayerUnknowns Battlegrounds

Setiap game yang populer dan sukses pasti akan selalu ada copycat yang berdatangan. PlayerUnknowns Battlegrounds adalah game yang berhasil menyempurnakan formula dari genre battle-royale yang pada dasarnya perpaduan dari deathmatch, survival dan sedikit elemen rogue-lite.

Dengan banyaknya game yang meniru konsep ini, sang kreator dari game PUBG pada tahun 2017 lalu pernah mengatakan bahwa mereka tidak tanggung-tanggung akan membawa game-game peniru tersebut ke pengadilan untuk menjaga konsep battle-royale ini tetap unik di mata gamer. Sepertinya saat ini omongan tersebut bukanlah sebuah omong kosong semata.

Melalui sebuah dokumen yang berisikan 155 halaman (download disini) yang diisi pada tanggal 2 April lalu (via Torrent Freak), PUBG Corp telah menjelaskan gugatan mereka kepada NetEase, developer game mobile Rules of Survival dan Knives Out. Dalam gugatan tersebut, PUBG Corp menjelaskan bahwa developer telah melakukan pelanggaran hak cipta akan asset yang dimiliki PUBG Corp khususnya pada penggunaan kata “Chicken Dinner” tanpa izin untuk mempromosikan game.

Sebelumnya, pada Januari kemarin, PUBG Corp sudah meminta Apple untuk menghilangkan game tersebut sebelum PUBG Mobile dirilis, tetapi hal itu tidak membuahkan hasil dan akhirnya mereka mengambil satu langkah lebih keras lagi kepada game yang mereka anggap sebagai copycat ini.

PUBG Corp juga menjelaskan bahwa dengan adanya dua game ini membuat “kerusakan yang tidak dapat diperbaiki” kepada reputasi PUBG karena game peniru tersebut dicap sosial media sebagai “PUBG mobile”. Dengan sekarang mereka sudah memiliki versi mobile sendiri dari PUBG, ditakutkan kedua game akan memunculkan kebingungan pada gamer yang mau mencari tahu apa itu PUBG yang sedang heboh dibicarakan gamer.

Mekanik dan fitur gameplay juga ikut disebutkan PUBG Corp sebagai terlalu mirip, mulai dari desain map, sistem attachment senjata, pacing dari game, hingga eksistensi panci ikonik yang dimiliki oleh PUBG.

PUBG Corp mengajukan gugatan ke pengadilan agar NetEast “menghapus setiap versi dari setiap game Rules of Survival, Knives Out, dan game yang melanggar lainnya, dari distribusi hingga menghentikan support dan pengembangan game tersebut.”

NetEase sampai saat ini belum mengeluarkan respon apapun atas masalah ini. Meski pada dasarnya kedua game memang mengambil banyak inspirasi dari PUBG, pihak PUBG Corp belum tentu akan memenangkan kasus ini, semuanya berada di tangan pengadilan California untuk memutuskan apa yang akan terjadi berikutnya dan sepertinya akan memakan waktu berbulan-bulan untuk bisa memutuskan.

Leave a Reply