Profil Sosial Layaknya Steam Diperkenalkan Oleh GOG

Steam

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Steam saat ini bukan satu-satunya platform penyedia video game PC digital di dunia. Tetapi, memang harus diakui, platform buatan Valve tersebut punya opsi dan fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan platform lain. Keunikan mereka menjadi inspirasi bagi GOG, platform penyedia game digital PC milik CD Projekt, developer The Witcher 3: Wild Hunt.

Platform tanpa DRM (Digital Rights Management) GOG memperkenalkan profil sosial seperti Steam. Fitur ini membuat Anda bisa melihat game apa saja yang dimainkan oleh teman-teman Anda. Bukan hanya itu, kepemilikan game, achievement, forum, dan beberapa opsi lain juga dilengkapi di sini. Profil tersebut juga bisa dikustomisasi seperti memberi wallpaper sesuai game yang Anda miliki. Berbeda dengan Steam, wallpaper tersebut tidak perlu Anda beli sama sekali.

Sementara itu, untuk user page terdiri dari empat tab: Activity Feed, Profile, Games, dan Friends. Feed akan menunjukan game apa yang Anda dan teman Anda baru saja mainkan, achievement yang didapatkan, komentar di forum, dan berbagai aktivitas lain yang bisa dilakukan di GOG atau software mereka, GOG Galaxy. Selein itu, profile akan memperlihatkan beberapa pencapaian yang sudah dicapai dalam game, termasuk berapa jam waktu yang telah kamu habiskan dalam sebuah game.

Layaknya Steam, Games akan memperlihatkan game dan achievement yang sudah Anda miliki dan bisa didapatkan. Friends mungkinkan Anda untuk mencari teman bermain dan achievement yang dimiliki teman. Privacy setting baru yang kurang lebih sama dengan Steam untuk menyembunyikan detil informasi game yang Anda miliki, juga telah diimplementasikan di sini. Tetapi, berbeda dengan plaform Valve, GOG langsung memberikan opsi pada setting bukan memaksanya untuk menyembunyikan informasi game yang dimiliki dalam settingan default.

Leave a Reply