Pohon Berusia 227 Tahun Yang Ditanam Presiden Pertama AS Tumbang

Presiden Pertama AS

Angin kencang dikabarkan telah menumbangkan salah satu pohon paling bersejarah di Amerika Serikat, yakni sebuah pohon hemlock yang berumur 227 tahun. Pohon tua tersebut ditanam di halaman rumah pertanian milik Presiden Pertama AS, George Washington, yang biasa disebut Mount Vernon.

Seperti dilansir Independent.co.uk pada Senin (5/3/2018), pohon hemlock tersebut ditanam sendiri oleh Presiden George Washington pada tahun 1791 silam, yakni pada periode pertama dirinya memerintah Amerika Serikat.

Berdasarkan laman resmi Mount Vernon di Facebook, pohon tersebut tumbang pada Jumat, 2 Maret 2018 kemarin setelah angin ribut menerjang. Dipercaya bahwa angin ribut tersebut berasal dari sisa hantaman badai Nor’easter yang melanda sebagian besar wilayah timur laut Pantai Timur AS.

“Hari ini di Mount Vernon, angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon hemlock Kanada berusia 227 tahun, juga sebuah pohon cedar Virginia yang sama-sama berusia lebih dari seratus tahun,” tulis pernyataan resmi pengelola situs sejarah Mount Vernon di Facebook.

Rob Shenk, selaku Kepala Humas situs wisata sejarah Mount Vernon, mengatakan bahwa saat ini cukup banyak pohon yang tumbang kerena diterjang angin kencang yang terjadi pada Jumat kemarin, di mana salah satunya adalah pohon hemlock yang ditanam sendiri oleh Presiden George Washington.

“Hampir seluruh akarnya tercerabut dari dalam tanah,” ujar Shenk.

Berbagai wilayah di sekitar negara bagian Virginia dan kota Washington DC ikut terkena imbas hantaman anomali badai Nor’eastern yang menerjang Pantai Timur AS pada pekan lalu.

Meskipun tidak sampai mengalami cuaca ekstrem, seperti turunnya salju lebat, tetapi angin ribut sudah membuat berbagai lokasi di sana mengalami kerusakan ringan, termasuk pohon tumbang.

Leave a Reply