PlayStation 4 Telah Masuki Fase Akhir Kehidupannya?

PlayStation 4

Ada satu hal yang sepertinya tidak banyak disadari para gamer saat memasuki tahun 2018 ini, yakni umur PlayStation 4 yang bisa dibilang sudah cukup tua untuk sebuah console. Hal ini juga dikatakan oleh CEO PlayStation sendiri, John (Tsuyoshi) Kodera pada para investor di Tokyo.

Kodera mengatakan (via Takashi Mochizuki, reporter Wall Street Journal) bahwa saat ini PlayStation 4 sudah memasuki fase akhir dari kehidupannya. Meski hal tersebut sepertinya akan memberikan dampak negatif yang cukup besar untuk penjualannya, namun Kodera yakin kondisi keuangan Sony akan tetap teratasi karena adanya servis PlayStation Plus.

Investasi yang dilakukan Sony untuk game first-party (game eksklusif, red) bukan semata-mata hanya untuk membuat game eksklusif sebanyak mungkin, tetapi juga menghidupkan kembali judul-judul game yang telah sukses di masanya dengan membuatnya terlihat lebih baru (remastered, red). Hal tersebut adalah rencana mereka untuk memperkuat konten yang sudah mereka miliki.

Saat ini, Sony memiliki rencana untuk memperkuat bisnis PlayStation sampai bulan Maret 2021. Kodera menambahkan bahwa tahun fiskal 2018 (dimulai April 2018) adalah tahun di mana Sony akan memperkaya diri dengan game eksklusif PlayStation 4 dan meningkatkan pemasukannya melalui PlayStation Plus, PlayStation Store, dan produk mereka yang lain.

Meski begitu, pernyataan Kodera bukanlah sebuah konfirmasi kehadiran PlayStation 5, tetapi sinyal akan lahirnya console yang lebih canggih untuk gantikan console yang sudah dirilis sejak tahun 2013 tersebut semakin menguat. Hal ini mengingat siklusnya yang terus berganti setiap 5-7 tahun sekali.

Leave a Reply