Pilot Tidur Saat Penerbangan, Ini Penjelasan Dari United Airlines

United Airlines

Beberapa waktu yang lalu, sempat heboh kabar pilot United Airlines yang tidur saat penerbangan dari Newark, Amerika Serikat menuju Glasgow, Skotlandia. Mengutip dari The Daily Record, pilot pergi ke toilet untuk melepas seragamnya kemudian tidur di kursi kelas bisnis selama 90 menit.

Kejadian inipun sempat membuat penumpang terkejut. Tentu saja penumpang berpikir, jika pilot tidur lalu siapa yang menemani co-pilot di kokpit?

Faktanya, pilot sebenarnya diamanatkan oleh peraturan Federal Aviation Administration (FAA) untuk beristirahat dalam waktu tertentu. Seorang juru bicara maskapai mengatakan pada Travel+Leisure, sebenarnya saat itu pesawat dikemudikan oleh tiga awak kokpit.

Di bawah peraturan penerbangan federal FAR 117, pilot diminta untuk mengambil waktu istirahat di luar kokpit selama penerbangan panjang. Apalagi dengan awak kokpit berjumlah tiga orang, memungkinkan pilot untuk beristirahat secara bergantian.

Mengutip dari Travel+Leisure, biasanya pilot diijinkan untuk istirahat pada penerbangan panjang selama delapan jam atau lebih. Namun karena pada maskapai United Airlines memiliki tiga pilot, maka pilot beristirahat sesuai peraturan yang ada.

“Keamanan pelanggan dan karyawan kami adalah prioritas utama kami,” kata seorang juru bicara maskapai penerbangan United Airlines.

“Pada penerbangan trans-Atlantik seperti penerbangan antara GLA dan EWR, pilot kami diwajibkan oleh FAA untuk beristirahat,” lanjutnya.

Ukuran pesawat lebih kecil

Pilot United Airlines yang tidur saat penerbangan dari Newark menuju Glasgow tentu sudah sesuai aturan. Terlebih, pesawat yang saat itu dioperasikan Boeing 757-200 dengan ukuran yang lebih kecil.

Sementara pesawat yang lebih besar memungkinkan maskapai penerbangan memiliki area istirahat awak terpisah di atas dapur.

Pesawat berukuran sedang seperti 757-200 biasanya memiliki salah satu kursi kosong yang disediakan untuk istirahat awak.

Maskapai United Airlines sendiri, memiliki 16 kursi kelas bisnis yang disediakan khusus untuk istirahat awak pesawat. Berdasarkan definisi dari FAA, terdapat tiga kelas tempat istirahat awak yang berbeda.

Kelas satu, tempat istirahat termasuk ranjang, biasanya terletak di atas kompartemen penumpang. Area kelas dua mencakup kursi kelas satu atau kelas bisnis pertama yang biasanya dipisahkan dari penumpang menggunakan tirai.

Dan kelas tiga berupa tempat duduk di kabin dengan sandaran setidaknya 40 derajat dan menyediakan tempat untuk kaki.

Leave a Reply