Piala AFC, Persija Ditaklukkan Oleh Home United 2-3

Piala AFC

Persija Jakarta harus rela menelan kekalahan dari Home United di leg pertama semifinal Piala AFC 2018 Zona ASEAN. Macan Kemayoran takluk dengan skor 2-3.

Bertandang ke Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (8/5/2018), Persija langsung ditekan oleh tuan rumah. Dua menit selepas kick off, gawang tim tamu langsung kebobolan begitu saja.

Adalah Maman Abdurrahman yang membuat Persija tertinggal lewat gol bunuh diri. Bek senior itu salah mengantisipasi umpan silang Home Uniteddi sisi kanan, sehingga bola malah masuk ke gawang sendiri.

Skor yang sempat tertinggal 0-1 membuat lini belakang persija gugup. Enam menit berselang, gawang Rizky Darmawan kembali kebobolan. Kali ini striker Home UnitedSong Ui-Young yang merobek gawang Persija.

Membawa bola dari tengah, Song mengakhiri solo runnya dengan tendangan terukur yang gagal dibendung kiper Persija. Home Unitedmemimpin 2-0.

Persija baru membalas di menit ke-33. Lewat tendangan sudut Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu menanduk masuk bola ke dalam gawang Home United yang dijaga Rudy Khairullah. Persija menipiskan skor menjadi 2-1 yang bertahan hingga istirahat.

Di babak kedua, Persija gantian menekan. Di menit ke-48, Riko melepaskan tendangan first time dari dalam kotak penalti, tapi aksinya masih bisa digagalkan Rudy.

Upaya Riko itu menghasilkan sepak pojok. Dan skema itu juga yang bisa dimanfaatkan Persija untuk menyamakan kedudukan. Hampir sama seperti gol pertama, Ramdani merobek gawang Home United setelah memanfaatkan tendangan sudut Riko. Skor menjadi 2-2.

Skor imbang membuat laga berjalan seimbang. Baik Home United dan Persija sama-sama banyak melakukan percobaan ke daerah lawan.

Masuknya Addison Alves membuat lini belakang Home United sedikit bekerja keras. Sebaliknya permainan taktis Home United memaksa Maman cs juga bekerja keras.

Di menit ke-74, Persija mengancam lewat aksi Marko Simic. Menerima umpan lambung, Simic terjatuh di kotak penalti usai berduel dengan Shakir Hamzah. Simic protes berharap penalti, tapi wasit bergeming.

Dua menit berselang, Persija kembali mengancam. Riko melakukan penetrasi ke kotak penalti dari sisi kanan, melepaskan umpan tarik, tapi bola hanya bergulir di depan gawang Rudy tanpa ada yang menyambut.

Asyik menyerang, Persija justru dikejutkan di menit ke-79. Home Unitedberhasil unggul lewat aksi Hafiz Nor. Sepakannya dari luar kotak penalti gagal ditangkap oleh Rizky meski tepat mengarah kepadanya. Tuan rumah memimpin 3-2.

Di menit ke-89, Home United bahkan nyaris menambah keunggulannya. Beruntung Rizky melakukan penyelamatan gemilang dengan menangkap tendangan jarak dekat lawan.

Memasuki injury time, Persija coba mencari gol penyeimbang. Simic bisa melepaskan sundulan ke tiang jauh, tapi bola hanya bergulir tipis di samping gawang Home United. Hingga laga tuntas, skor tidak berubah.

Meski kalah, Persija hanya butuh satu gol lagi saja di leg kedua yang digelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (15/5) pekan depan.

Susunan Pemain

Home United: Rudy Khairullah, Juma at Jantan (Christopher James van Huizen 85′), Abdil Qaiyyim, Shakir Hamzah, Aqhari Abdullah, Anumanthan Mohan Kumar, Izzin Shafiq, Fazli Ayob (Sirina Camara 58′), Shahril Ishak (Hafiz Nor 73′), Faritz Abdul Hameed, Song UI-Young

Persija Jakarta: Rizky Darmawan, Ismed Sofyan, Vava Yagalo, Maman Abdurrahman, Valentino Telaubun, Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Sandi Sute (Asri Akbar 89′), Novri Setiawan (Addison Alves 58′), Ramdani Lestaluhu (Yan Pieter Nasadit 67′), Marko Simic

Leave a Reply