Piala AFC 2018, Bali United Dikalahkan Yangon United 1-3

Piala AFC 2018

Bali United menelan kekalahan di laga pertamanya di Piala AFC 2018. Menurunkan tim lapis kedua, mereka dihajar Yangon United 1-3.

Dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (13/2/2018) sore WIB, Bali United memarkir beberapa pemain pilarnya. Ilija Spasojevic dicadangkan, sementara pemain seperti Stefano Lilipaly dan Demerson bahkan tak ada di daftar pemain cadangan.

Lini belakang dipercayakan pada Agus Nova Wiantara, Made Andhika Wijaya, Taufik Hidayat, dan Ngurah Nanak. Penampilan lini belakang yang gugup membawa petaka untuk Laskar Serdadu Tridatu.

Gawang Bali United, yang dikawal oleh I Made Wardana, kemasukan di menit ke-15. Berawal dari umpan silang dari Min Kyaw Khant, tendangan Uzochukwu Emmanuel sempat memantul mistar lalu masuk ke gawang.

Performa lini belakang Bali United yang kurang kompak berbuah gol tim tamu tiga menit berselang. Sekou Sylla menceploskan bola ke gawang meneruskan umpan silang Lwin Maung Maung.

Bali United sudah ketinggalan tiga gol saat pertandingan berjalan 25 menit. Sylla mencetak gol kedua, kali ini meneruskan umpan dari Uzochukwu.

Bali United melakukan pergantian strategi. Miftahul Hamdi dimasukkan menggantikan Feby Eka Putra. Tim asuhan Widodo Cahyono Putro itu bisa membalas sekali pada menit-menit akhir babak pertama. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Yangon United, I Gede Sukadana mencetak gol dari jarak dekat.

Enam menit setelah restart, Yangon United nyaris menambah gol lagi. Bola umpan silang dari sayap kiri gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Bali United, Kadek Wardhana. Beruntung bagi Bali United, Kyi Lin gagal menyambar bola.

Bali United melakukan pergantian pemain. Hanis Saghara mengganti Yandi Sofyan di menit ke-60, Nick van der Velden menggantikan I Nyoman Sukaraja di menit ke-64.

Hanis melepaskan tembakan usai enam menit di atas lapangan. Tendangannya masih menyamping dari gawang Yangon United.

Sylla nyaris membobol gawang Bali United lagi di menit ke-71. Dari tendangan sudut, bola sundulannya bisa di tepis Kadek Wardhana.

Usaha kedua Hanis di menit ke-74 juga belum membuahkan hasil. Tendangan jarak jauhnya masih melesat.

Bali United mendapat penalti di menit ke-81. Bek Yangon United, Kekere Moukailou, melakukan handball saat menghalau umpan silang sambil menjatuhkan diri. Eksekusi Kevin Brands gagal memperkecil kedudukan, arahnya malah melebar ke sisi kanan gawang tim tamu.

Di sisa pertandingan tak ada lagi gol tambahan, Bali United kalah 1-3. Dengan kekalahan ini, mereka pun ada di posisi dasar klasemen Grup G. Bali United dan Global Cebu belum mengumpulkan poin, tapi tim asal pulau dewata itu defisit gol lebih banyak.

Sementara itu, Yangon United mampu memuncaki Grup G dengan tiga poin. Nilainya sama dengan FLC Thanh Hoa, tapi unggul selisih gol.

Susunan Pemain:

Bali United: Kadek; Andhika, Agus Nova, Nanak, Taufik; Brands, Sutanto, Sukadana; Sukarja (Velden 64, Yandi (Hanis 60), Feby Eka (Hamdi 34)

Yangon United: Kyaw Zi Htet; David Htan, Kekere Moukailou, Pyae Phyo Zaw, Min Kyaw Khant (Zin Oo Kyaw 37); Kyi Lin (Suan Lam 66), Yan Aung Kyaw, Kosuke Uchida, Maung Maung Lwin (Aee Soe 86); Uzochukwu Emmanuel, Sekou Sylla

Kapten Yangon United: Bali United Bagus, tapi Banyak Salah Umpan

Bali United menelan kekalahan 1-3 atas Yangon United di laga perdana Grup G Piala AFC 2018. Serdadu Tridatu diklaim banyak melakukan kesalahan.

Bali United menjamu Yangon di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (13/2/2018). Di laga itu, pelatih Widodo C Putro menurunkan tim lapis kedua.

Hasilnya, gawang Made Wardhana bergetar tiga kali hanya dalam waktu setengah jam. Yangon memimpin lewat gol Emmanuel Uzochukwi di menit ke-15, serta dua gol tambahan dari Sekou Sylla pada menit ke-18 dan 25.

Sementara satu gol Bali United dilesakkan I Gede Sukadana di injury time babak pertama. Kekalahan 1-3 menjadi hasil akhir laga perdana Bali United di pentas Piala AFC.

Pelatih Yangon United, Myon Min Tun, mengaku puas bisa memenangkan laga perdana ini. Tak lupa ia memuji penampilan Bali United, tim yang dinilainya cukup tangguh.

“Bali United adalah tim yang bagus, tim yang tangguh. Jadi, saya sangat senang dengan kemenangan ini. Di pertandingan ini, kami banyak menggunakan pemain muda dan setiap tahun kami mengorganisir semua pemain senior dan junior untuk keberlangsungan generasi. Sebelumnya saya bilang kalau mereka punya penyerangan yang bagus tapi mereka tidak dalam penampilannya,” Min Tun mengatakan di situs resmi klub.

Sementara kapten Yangon United Yan Aung Kyaw menilai, Bali United terlalu banyak melakukan kesalahan, khususnya saat melakukan passing.

“Kami sangat senang bisa menang dan meraih tiga poin. Bali United tim yang bagus dan bisa memberi perlawanan, khususnya di lini tengah. Tapi, mereka banyak melakukan kesalahan dalam mengumpan, jadi mereka menderita kekalahan,” Aung Kyaw menjelaskan

Yangon United sementara memimpin Grup G dengan tiga poin, disusul F Thanh Hoa dari Vietnam juga dengan tiga poin. Sementara Bali United yang belum mendulang poin, selanjutnya akan menghadapi Global Cebu dari Filipina di Rizal Memorial Stadium, 27 Februari mendatang.

Leave a Reply