Pernah Dipakai Barack Obama, Lihat Meja Makan Ini Sekarang

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memang dikenal sebagai orang yang suka plesir. Itu terbukti dari sejumlah kunjungannya ke beberapa negara. Saat mengunjungi sebuah negara, Obama juga tidak lupa mencicipi kuliner di negara tersebut.

Misalnya beberapa waktu lalu saat Obama datang ke Indonesia. Tepatnya di Bogor.

Saat itu, di tempat tersebut, pihak Istana kepresidenan memilih menyuguhkan seporsi bakso untuk mantan orang nomor 1 di Amerika Serikat itu. Siapa sangka, Obama tampak lahap menyantap makanan khas pinggir jalan Indonesia itu.

“Menurut yang menyajikan, bakso dilahap habis oleh Pak Obama,” ujar Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Bogor pada Jumat (30/6/2017) lalu.

Semangkuk bakso kuah itu disajikan saat Obama berbincang santai dengan Presiden Joko Widodo di dalam Grand Garden Cafe, Kebun Raya Bogor.

Awalnya, bincang-bincang Jokowi dengan Obama diketahui digelar di luar ruangan. Di tempat itu, Obama disuguhi jajanan pasar. “Ada kue onde-onde, kue talam ubi, kue mangkok, roti panada (isi) cakalang, dan lemper ayam,” ujar Bey.

Tak lupa, karena cuaca saat itu mendung, secangkir teh manis hangat disajikan bersamaan dengan ragam jajanan pasar tersebut. Namun, baru sekitar 10 menit berbincang, hujan pun turun.

Jokowi mengajak Obama pindah ke dalam kafe bergaya open space tersebut. Ditemani rintik hujan, Jokowi dan Obama asyik berbincang di sana.

Keduanya menghadap taman yang basah disiram hujan. Saat itulah suguhan bakso kuah yang disantap habis oleh Obama. “Di dalam itu, minumnya teh hangat manis hangat juga,” ujar Bey.

Tidak ada pembicaraan khusus di antara Jokowi dan Obama. Karena pertemuan itu merupakan kunjungan persahabatan, topik pembicaraannya pun bukan terkait kebijakan pemerintah.

Selain Indonesia, Obama ternyata juga pernah mengunjungi sebuah negara lainnya yang ada di Asia Tenggara. Tepatnya, di Vietnam.

Itu seperti sebuah foto yang diunggah oleh akun Facebook Troll ASEAN, Sabtu (10/3/2018). Dalam foto itu, Obama terlihat sedang berbincang bersama seorang pria di sebuah rumah makan. Di meja yang ada di hadapan Obama, terdapat sejumlah makanan yang disajikan.

Foto itu rupanya diambil pada tahun 2016 lalu. Selang dua tahun berlalu, pihak rumah makan melakukan sesuatu yang membuat syok netizen. Mereka rupanya membatasi meja tempat makan Obama tersebut menggunakan sebuah kaca.

Sejumlah netizen pun mengomentarinya. Bahkan, akun itu sendiri juga mengomentarinya secara unik.

“Foto pertama diambil ketika barack Obama mengunjungi dan makan ‘bun cha’ di hanoi. Dan gambar berikutnya diambil dua tahun kemudian. Terima kasih Tuhan, dia tidak pergi ke toilet,” tulis akun tersebut.

@Herman Lae, “Mr Obama mirip dengan presiden kita, Pak Jokowi, dia tidak menjaga gengsi untuk makan di mana saja dan sederhana. Tidak terpaku pada protokol,”

@Trần Cường, “Untungnya dia tidak pergi ke toilet.”

Barack Obama
Barack Obama

Leave a Reply