Pencarian Dihentikan, Ini 12 Fakta Penerbangan Malaysia Airlines MH370

Malaysia Airlines MH370

Penerbangan Malaysia Airlines MH370 merupakan satu kasus paling misterius di dunia. Namun, setelah empat tahun hilang, pencarian bawah laut yang didanai swasta resmi dinyatakan berakhir pada Selasa (29/5/2018) kemarin.

Namun, pemerintah Malaysia menyatakan adanya pertimbangan untuk kembali melakukan penyelidikan apabila petunjuk baru ditemukan, mengutip laman Kompas.com

Malaysia Airlines MH370 lepas landas dari bandara internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada pukul 00.41 dini hari waktu setempat dan dijadwalkan tiba di bandara internasional Beijing Capital pada pukul 06.30 waktu setempat.

Kilas balik MH370, ini beberapa fakta tentang penerbangan tragis tersebut.

1. Posisi terakhir pesawat dilaporkan pada pukul 01.07.

Sedangkan pada pukul 01.19, pesawat mengirim transmisi suara ke pusat pengatur lalu lintas udara.  Pesan tersebut berbunyi, “Selamat malam, Malaysian tiga tujuh nol” dan menjadi pesan terakhir yang diterima sebelum pesawat menghilang.

2. Pesawat sama sekali tidak mengirimkan sinyal tanda bahaya, laporan cuaca buruk, ataupun masalah teknis sebelum menghilang.

3. Terakhir kali MH370 tertangkap radar berada di Teluk Thailand.

4. Sempat ada dugaan pesawat hilang akibat serangan teroris, setelah diketahui ada dua orang penumpang menggunakan paspor curian.

5. Dalam proses pencarian, pihak penyidik menyatakan pesawat berbelok tajam dari jalurnya dan terbang ke arah barat di atas Samudera Hindia.

6. Setelah lima jam, pesawat terbang secara otomatis.

7. Pencarian pesawat terbang Boeing 777 ini melibatkan belasan negara, termasuk Amerika Serikat.

8. Pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH370 ini mengangkut 227 penumpang dan 12 awak.

Penumpangnya berasal dari 14 negara dan sebagian besar diidentifikasi sebagai warga negara China dengan awak kapal dari Malaysia. Sementara itu ada 3 warga negara Amerika Serikat, 6 WN Australia, 2 warga negara Kanada, 4 warga negara Prancis, 1 warga negara Hong Kong, 5 warga negara India, 7 warga negara Indonesia, 2 warga negara Iran, 1 warga negara Belanda, 1 warga negara Rusia, 1 warga negara Taiwan, dan 2 warga negara Ukraina.

9. Catatan radar menunjukkan MH370 terbang secara “autopilot” selama beberapa jam sebelum kehabisan bahan bakar dan jatuh di wilayah selatan Samudera Hindia.

10. Ada teori lain yang mencoba menjelaskan penyebab hilangnya MH370.

Yakni, pilot diduga sengaja menerbangkan pesawat ke Samudera Hindia untuk melakukan bunuh diri. Namun, tak ada bukti kuat yang mendukung dugaan ini.

11. Pencarian MH370 merupakan satu pencarian pesawat paling mahal sepanjang sejarah dunia penerbangan.

12. Pilot pesawat MH370, Zaharie Ahmad Shah pernah menjalani latihan terbang ke bagian selatan Samudera Hindia dengan piranti simulator di kediamannya sebelum terbang dengan pesawat nahas ini.

Leave a Reply