Penasaran Bagaimana Ikan Tidur? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ikan Tidur

Kamu pasti pernah mendengar pertanyaan, “Kok ikan itu matanya melek terus kuat banget, gak tidur-tidur?”. Sama seperti makluk hidup lainnya, sebenarnya ikan juga tidur sebagai mekanisme istirahat untuk memulihkan tenaga setelah beraktifitas.

Namun, setiap makluk hidup memang memiliki cara tidur yang berbeda-beda. Kelelawar contohnya, mereka tertidur dengan cara menggantungkan posisi kaki di atas sementara kepalanya pada bagian bawah. Begitu juga dengan ikan yang punya cara tidur yang unik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan buat kamu yang penasaran dengan bagaimana cara ikan tidur!

1. Mata ikan tetap terbuka walaupun mereka sedang tertidur pulas

Berbeda dengan definisi tidur yang dilakukan oleh manusia, yang ketika tidur harus menutup kelopak mata, ikan tidur dengan mata yang tetap terbuka. Hal ini mungkin yang membuat kita tidak sadar bahwa ikan sebenarnya juga tidur.

Jika kamu memiliki ikan peliharaan di dalam akuarium, kamu bisa mengamati bagaimana kondisi ikan saat tidur. Misalkan, ketika ikan lambat dalam memberi respon ketika kamu memberikan pakan, kemungkinan ikan sedang dalam kondisi tidur. Atau sebagian ikan ada yang memilih berdiam di dasar akuarium ketika tidur.

2. Sebagian ikan harus tetap bergerak ketika tidur agar oksigen tetap masuk ke dalam insang

Hiu adalah salah satu jenis ikan yang harus tetap melakukan gerakan meskipun dalam kondisi tidur. Tujuannya, agar aliran air tetap terjaga menuju insang sehingga ia tetap memperoleh pasokan oksigen yang cukup.

Jadi untuk sebagian ikan, terutama mereka yang memiliki ukuran tubuh cukup besar, mereka umumnya harus tetap melakukan gerakan dan membuka mata meskipun dalam kondisi tidur.

3. Sebagian ikan bersembunyi di balik bebatuan ketika tidur agar terhindar dari predator

Ikan-ikan kecil yang habitatnya di lingkungan bebatuan koral memiliki cara tidur yang lebih terorganisir. Mereka memilih untuk menyelinap di antara bebatuan ketika hendak tidur. Tujuannya adalah agar mereka dapat terhindar dari serangan predator ketika mereka sedang dalam kondisi tak sadar waktu tidur.

4. Ikan jenis mamalia yang bernafas dengan paru-paru, setengah bagian otaknya tetap aktif saat tidur

Hal unik terjadi pada jenis ikan mamalia seperti lumba-lumba dan paus yang bernafas dengan paru-paru. Mereka harus secara berkala muncul ke permukaan laut untuk memperoleh oksigen. Karena hal ini, maka lumba-lumba punya metode tidur yang berbeda yang disebut dengan unihemispheric slow-wave sleep, yang artinya kondisi tidur setengah sadar.

Jadi lumba-lumba tidur dengan keadaan setengah bagian otak tetap aktif sementara yang setengahnya lagi beristirahat. Bagian sebelahnya baru kemudian bergantian beristirahat selang waktu empat jam. Jika otak kanan yang tidur, maka mata kiri terbuka, begitu juga sebaliknya. Kondisi setengah terbangun ini yang membuat lumba-lumba tetap mampu bernafas dengan lancar.

Leave a Reply